Reshuffle Kabinet, Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Dikabarkan Jadi Menteri

38
Zulkifli Hasan - Hadi Tjahjanto
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Sumber: Tribunnews)

Jakarta, SirOnline.id – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dikabarkan akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi anggota kabinet siang ini di Istana.

Dilansir dari detik, Rabu, (15/6) Zulkifli Hasan akan dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Muhammad Lutfi  sedangkan Hadi Tjahjanto bakal menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) menggantikan Sofyan Djalil.

Jokowi dikabarkan juga akan melantik tiga wakil menteri, posisi ini bakal menjadi milik Gerindra dan PSI.

Pelantikan akan digelar di Istana Kepresidenan pukul 13.30 WIB siang ini. Sejumlah pejabat tinggi sudah menerima pemberitahuan perihal pelantikan ini.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung sebelumnya mengatakan bahwa kewenangan perombakan atau reshuffle kabinet sepenuhnya ada pada Presiden.

Baca: Dinilai Peduli Nasib Petani, Prabowo Dipercaya Jadi Ketua Dewan Pembina PTI

“Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya Presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan aja ya terserah Presiden, mau hari ini, mau besok, mau lusa, tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada Presiden,” kata Pramono dikutip siaran pers Seskab, Selasa (14/6)

Pramono menambahkan, Presiden Jokowi sudah delapan tahun memimpin kabinet pemerintah dan sangat mengetahui kebutuhan dari kabinetnya. (rr)