Jokowi Resmi Ganti Sejumlah Nama di Kabinet Indoensia Maju

22
reshuffle kabinet
Presiden Joko Widodo mengumumkan reshuffle Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Rabu (15/6). (Sumber: Muchlis/Biro Setpres)

Jakarta, SirOnline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengganti sejumlah menteri dan wakil menteri dalam reshuffle Kabinet Indonesia Maju dengan beberapa orang baru untuk membantunya melakukan kerja-kerja pemerintahan.

Keputusan pergantian pemain dalam kabinet tersebut diumumkan Jokowi di Istana Negara hari ini, Rabu (15/6).

Melansir CNN Indonesia, Jokowi menunjuk dua nama baru untuk menggantikan menteri yang dicopot. Salah satunya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menggantikan Muhammad Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

Nama lain yang juga muncul adalah mantan Panglimq TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto yang dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), menggantikan  Sofyan Djalil.

Posisi wakil menteri di kabinet Jokowi juga akan mengalami perombakan. Salah satunya Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni akan dilantik menjadi Wakil Menteri ATR/BPN, menggantikan sesama kader PSI Surya Tjandra.

Baca: Reshuffle Kabinet, Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Dikabarkan Jadi Menteri

Selain itu, Jokowi juga menempatkan dua orang pada posisi kosong wakil menteri dalam negeri (wamendagri), yakni John Wemoi Watipo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Dua tokoh yang akan mengisi posisi itu yakni Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Watipo dilantik sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan. (un)