Duta Besar Inggris Lakukan Kunjungan Kehormatan ke Menhan Prabowo

31
Prabowo - Dubes Inggris
Menhan Prabowo bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins. (SirOnline/Albrianso Wayapen)

Jakarta, SirOnline.id – Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins melakukan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Senin (13/6).

Owen mengatakan pertemuan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral di bidang pertahanan RI-Inggris. Sebelumnya, Menhan Prabowo telah terlebih dahulu menggelar lawatan kenegaraan dengan Menhan Inggris The Rt Hon Ben Wallace MP pada tahun lalu.

Saling kunjung kedua pejabat tinggi negara ini menjadi bukti bahwa hubungan bilateral RI-Inggris secara umum berjalan sangat baik, terutama pada bidang pertahanan. Di bidang pertahanan sendiri, Indonesia dan UK telah memiliki forum Dialog Pertahanan yang dilaksanakan setiap tahun (JDCD – Joint Defence Cooperation Dialogue) sejak 2019.

Baca: Pidato Menhan Prabowo Dipuji Pakar Luar Negeri

Owen mengakui bahwa bidang pertahanan telah membuka jalan bagi hubungan yang lebih erat antara pemerintah Inggris dan Indonesia. Baginya Indonesia merupakan negara yang dapat diandalkan dalam keamanan dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

Pada pertemuan kali ini, Owen John Jenkins turut memperkenalkan Richard Graham yang merupakan Utusan Khusus Perdana Menteri Inggris Bidang Perdagangan di Indonesia dan ASEAN yang dikenal sebagai politisi partai Konservatif Inggris (British Conservative Party). (si/nhn)