Sabtu, 26 November 2022 | 18:55 WIB
More

    5 Makanan Ini Terukir di Relief Candi Borobudur

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah belakangan ini ramai dibicarakan usai harga wisata naik ke candi menjadi Rp 750.000. Rencana tersebut menuai pro dan kontra. Namun di balik itu semua, taukah kalian beberapa makanan ini terbukti sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Bahkan sudah ditampilkan di dalam relief Candi Borobudur.

    Dilansir detik, Kamis, (9/6) berikut lima makanan yang tergambar di relief Candi Borobudur.

    1. Ikan

    Ikan merupakan makanan favorit sejak zaman dulu. Bahkan olahan ikan tercatat pada relief Candi Borobudur. Pada relief pertama ada gambar dari empat ikan belut yang melingkar di piring. Kemudian, di gambar kedua ada tiga ekor ikan dengan ukuran yang besar. Ikan tersebut disajikan utuh. Ketiga, ada dua tusuk potongan daging ikan. Ikan itu ditusuk menggunakan bambu seperti sate.

    Selain itu juga ada gambar dua kepiting atau yuyu dan empat ekor ikan lainnya. Tidak hanya pada candi, ikan juga tercatat pada beberapa prasasti.

    2. Durian

    Durian juga tercatat pada relief Candi Borobudur. Pada relief tersebut tergambar pohon durian yang tumbuh subur lengkap dengan buahnya. Bahkan buah durian digambarkan tumbuh bergerombol.

    Di relief yang sama, juga ada gambar 11 wanita yang menunjukkan betapa pentingnya buah durian di masa itu. Dengan hal tersebut membuktikan bahwa buah durian sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

    3. Sagu

    Sagu merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Sebelum nasi, sagu lebih dulu dikonsumsi oleh orang Indonesia. Bahkan tanaman sagu dinilai penting untuk menunjang kehidupan.

    Terutama pada zaman kerajaan Buddha. Tanaman sagu pun tercatat di relief Candi Borobudur. Ada gambar empat jenis pohon palem, seperti lontar, aren, kelapa dan pohon sagu.

    4. Jamu

    Jamu merupakan minuman racikan rempah yang memiliki banyak khasiat. Jamu juga tercatat di relief Candi Borobudur. Ada dua gambar yang diterjemahkan sebagai gambaran orang sedang membuat jamu.

    Pertama, ada di panel 19 relief Karmawibangga ada gambar orang sedang membuat jamu. Kemudian di relief kedua ada gambar orang yang sedang menumbuk menggunakan alat tumbuk.

    Relief itu menceritakan tentang rasa syukur atas kesembuhan seseorang dari sakitnya. Adanya gambar jamu pada relief Candi Borobudur ini membuktikan bahwa jamu merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia.

    Baca: Long Beach, Pantai Pasir Pink yang Memesona

    5. Dendeng

    Dendeng merupakan kuliner yang terbuat dari daging sapi atau daging kerbau. Gambar dendeng juga terdapat pada relief Candi Borobudur. Namun, yang tercatat di relief ini terbuat dari kerbau.

    Nama hidangannya disebut sebagai dendeng kelem daging kerbau. Hidangan tersebut merupakan resep kuliner Mataram Kuno. Selain pada candi, juga tercatat pada beberapa Prasasti bersejarah. (rr)

    BERITA TERBARU

    POPULER

    Kisah Para Bangsawan di Bukit Siguntang

    Long Beach, Pantai Pasir Pink yang Memesona

    Mari Belajar Sejarah di Candi Borobudur

    BERITA PILIHAN