Solar buat Genset di RSCM Masih untuk 24 Jam

63
dr. Lies Dina Liastuti, Sp.JP(K), MARS, FIHA (kedua dari kiri), RSCM butuh pasokan solar dari Pertamina untuk antisipasi listrik padam. Foto: Est/Sironline.id

 

Pemadaman arus listrik pada Minggu (4/8/2019) selama hampir enam jam berdampak pada layanan kesehatan. Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, dr. Lies Dina Liastuti, Sp.JP(K), MARS, FIHA, mengatakan bahwa insiden listrik padam hari Minggu kemarin termasuk salah satu yang berat. “Kami RSCM survive, tetapi kalau listrik mati betul kayak kemarin, itu force majeure,” kata Lies pada acara “Peluncuran Pusat Layanan Prostat Terpadu” di RSCM Kencana, kepada media, Senin (5/8/2019).

Lies mengatakan, RSCM sudah memiliki nota kesepahaman dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) terkait pasokan listrik untuk rumah sakit rujukan nasional itu. Sebagai salah satu objek vital negara, PLN biasanya akan memprioritaskan RSCM untuk mendapatkan pasokan listrik untuk menjalankan berbagai pelayanan kesehatannya. “Jadi kalau di mana-mana mati, seharusnya RSCM tetap nyala dengan berbagai back-up. Jadi kalau sampai mati betul seperti kemarin berarti masalah sudah sangat berat,” kata Lies.

Kejadian listrik padam massal kemarin, RSCM pun mengalaminya sejak pukul 12.00 dan baru menyala pukul 20.00. Beruntung, Lies mengatakan RSCM memiliki genset. Selama 8 jam RSCM mengalami mati listrik, selama itulah genset mensuplai pasokan listrik untuk kawasan RSCM yang seluas 2,5 hektare lebih dan memiliki 28 gedung. “Khususnya (pasokan listrik) untuk kamar operasi, ICU, NICU, PICU. Tidak ada operasi yang dibatalkan,” katanya.

Genset untuk RSCM menyala dengan bantuan solar. Setelah 8 jam memberikan suplai untuk rumah sakit itu, menurut Lies, persediaan cadangan solar yang dimiliki RSCM masih mampu mensuplai selama 24 jam ke depan. “Tidak ada mesin penunjang kehidupan yang mati di RSCM, tidak ada operasi juga yang tertunda,” katanya.

Karena kebutuhan solar yang besar untuk bahan bakar genset, Lies menyatakan pihaknya sudah meminta Pertamina untuk menyuplai solar ke RSCM.