Tangan Dingin Menhan Prabowo, Jadikan TNI Lembaga yang Dipercaya Publik

8
Prabowo Subianto - Dudung Abdurachman
Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto menjadi pembicara dalam seminar TNI AD VI tahun 2022 di Gd. Gatot Subroto Seskoad, Bandung, Senin (27/6). (SirOnline/Jessica)

Jakarta, SirOnline.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendapat kepercayaan tinggi dari publik, demikian laporan Lembaga Survei Indonesia (LSI) dalam rilis yang diterima redaksi, Kamis (1/9).

Survei tersebut terkait kepercayaan publik atas kinerja lembaga negara. TNI menjadi yang teratas dipercaya publik ketimbang beberapa elemen lain seperti Presiden, MA, MK, KPU hingga partai politik.

Pengamat Politik Arif Nurul Iman menilai, tingginya tingkat kepercayaan publik itu tak lepas dari tangan dingin Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. “Saya kira itu peran kinerja TNI dan tentu saja, langsung atau tidak, ada peran kinerja Menhan Prabowo Subianto,” kata Arif.

Ia melanjutkan, tingginya kepercayaan publik terhadap TNI menunjukkan ada keinginan masyarakat untuk mendapatkan pemimpin yang disiplin dan loyal.

Prabowo sebagai pensiunan TNI pun dinilai berpeluang besar menjadi sosok yang akan dipilih oleh masyarakat di pilpres 2024 karena memiliki tingkat popularitas dan elektabilitasnya tinggi.

“Prabowo mempunyai peluang besar untuk itu. Figur tokoh sipil yang memiliki karakter kedisiplinan dan loyalitas TNI,” ujar Arief.

Dalam survei yang dirilis oleh LSI pada Rabu 31 Agustus 2022, sebanyak 26 persen responden mengaku sangat percaya terhadap TNI, lebih tinggi dari lembaga yang lain, seperti Presiden, MA, MK, KPU hingga partai politik.

Sebanyak 67 persen lainnya mengaku cukup percaya, sedangkan sisanya menyatakan kurang percaya.

Survei tersebut dilakukan secara random (multistage random sampling) dengan total 1.220 responden yang berusia di atas 17 tahun.

Adapun margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca: Elektabilitas Prabowo Capres Prabowo Makin Meroket, Ini Alasannya

Kinerja Prabowo sebagai Menhan yang memperkuat TNI pun selama ini mendapatkan kepercayaan publik yang tinggi.

Tingginya elektabilitas Prabowo ini menunjukkan kinerja dan kapabilitasnya sebagai Menhan yang memiliki kemampuan mengatasi tantangan negara di tengah isu keamanan dan krisis pangan dunia. (gin)