Duta Anak Nusantara: Wadah Berekspresi untuk Mengembangkan Bakat dan Potensi Anak-anak Indonesia

361
Para mentor, pengisi acara dan peserta yang meramaikan event Duta Anak dan Remaja Nusantara di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada 17 Agustus 2023.

Jakarta, SirOnline.id –Indonesia telah merdeka selama 78 tahun. Salah satu isu yang terus diperbincangkan dan dicari solusi adalah Isu anak-anak Indonesia, salah satunya dalam kebebasan berekpresi, terutama bagi pemilik masa depan negeri ini, yakni anak-anak Indonesia.

Selaras dengan kepedulian pada bakat dan potensi anak, dalam momentum Dirgahayu Indonesia Merdeka menggelar event Duta Anak dan Remaja Nusantara di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada 17 Agustus 2023.  “Kami menyadari bahwa hingga saat ini, kebebasan berekspresi bagi anak-anak Indonesia belum sepenuhnya bisa terwujud, karena banyak faktor yang belum mendukung hal tersebut. Karena itu melalui Duta Anak dan Remaja Nusantara ini menjadi ruang sosial bersama untuk mengajarkan anak-anak dalam mengembangkan bakat dan talenta yang mereka miliki,“ terang Indah Warsetio seorang praktisi Personal Branding Coach dan CEO Versi Magazine yang mengusung event Duta Anak Nusantara ini.

Belum lama ini, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menemukan bahwa kebebasan berekspresi terutama anak-anak, belum sepenuhnya terwujud diberbagai daerah. Hal ini karena Forum Anak seringkali tidak dilibatkan dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan.  Padahal seharusnya setiap anak di Indonesia didorong untuk aktif, kreatif, inovatif, serta solutif.

Sementara itu, Konvensi PBB tentang Hak-Hak Anak (Convention on the Rights of the Child – UNCRC) menunjukkan bahwa anak-anak harus dibina untuk dapat tumbuh, belajar, bermain dan berkembang sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta terlindung dari bahaya. Dalam konteks ini negara berkewajiban untuk menghormati dan mempromosikan semua hak-hak anak, dan juga melindungi semua anak-anak dari segala bentuk diskriminasi, kekerasaan dan eksploitasi. Negara harus mengambil langkah legislatif dan administratif yang diperlukan untuk memastikan bahwa semua anak dilindungi, dan bahwa seluruh kepentingan anak merupakan pertimbangan utama dalam semua keputusan atau tindakan yang diambil.

Event Duta Anak dan Remaja Nusantara menggelar beberapa kegiatan yakni Fashion Parade Nusantara dengan menggunakan busana daerah yang dibimbing oleh Ovie Wu mantan model dan founder dari OV Modelling School. Lalu semarak acara disuguhkan dengan tarian daerah yakni Tari Kipas oleh Aaliyah Maharani Putri Sidik. Selanjutnya fashion show koleksi dari Kebaya Kembang oleh Bu Broto dan ditutup dengan magician show dari Mr.Gandhi & Enzo Carvalo Indonesia’s Got Talent.

Dijelaskan Indah dan rekannya Intan, setelah melihat kebutuhan anak-anak dibeberapa mall yang telah dikunjungi, roadshow gelaran ini kembali dilakukan, kali ini berlokasi di Mall Kota Kasablanka. “Event Duta Anak dan Remaja Nusantara ini akan roadshow ke berbagai mall yang ada di Jakarta. Kali ini kami mendapat dukungan dari Mall Kokas, dan kami ingin event ini memberikan ruang berekspresi bagi anak-anak. Apalagi ini momentum Dirgahayu Indonesia yang ke 78 tahun. Jadi anak-anak dapat terus mengasah bakat positifnya untuk mengharumkan nama Indonesia di mata dunia,” jelas Indah.

Dari semua kegiatan, dikatakan Indah, yang paling memenuhi antusias adalah Fashion Parade Nusantara. “Pada ajang ini fokus kita bikin audisi bakat dan talent, jadi antusias orang tua juga gak kalah seru. Bahkan banyak peserta yang daftar di lokasi untuk memberikan pengalaman kepada anak-anak mereka. Senang rasanya, Inilah yang ingin kita dapatkan, agar kegiatan seperti ini bisa menginspirasi orangtua untuk bisa fokus menumbuhkan bakat dan talenta anak-anak sedini mungkin,” ungkap Indah Warsetio dan rekannya, Ayudyah yang tergabung dalam Primax Global dalam menghelat Duta Anak Nusantara ini.

Indah bersyukur karena animo peserta yang sangat antusias mengikuti ragam kegiatan di event Duta Anak dan Remaja Nusantara. “Kami memberikan apresiasi terhadap anak-anak yang memiliki talenta dan berprestasi di mata dunia. Apresiasi diberikan kepada 3 figur penyanyi terpilih dari Trinity Inkubasi yakni Marsha Lavinia, Adifa Nadira dan Shenna sebagai Duta Remaja Nusantara di bidang musik. Kegiatan Educultural juga mengpresiasi penampilan Aaliyah Maharani yang mengenalkan Tarian Kipas dari Betawi dan ditutup dengan penampilan magician cilik berbakat, Enzo Carvalo,” ujar Indah.

Dengan melihat semakin banyak anak-anak Indonesia menemukan potensi dirinya, Indah pun berharap dapat mengantisipasi salah satu isu anak Indonesia, menumbuhkan inspirasi bagi orantua untuk fokus menumbuhkan bakat dan talenta anak dan juga dapat mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat, dan para stakeholder di bidang anak di Indonesia.

Nantikan event Duta Anak Nusantara roadshow goes to Mall ini, agar anak-anak berani tampil dan bisa menemukan potensi yang dimilikinya. Gelaran event Duta Anak Nusantara selanjutnya akan digelar di Sumarecon Mall Serpong (12 September), lalu Emporium Mall (19 September), Central Park (3 Oktober), Lippo Mall Puri (10 Oktober), dan di Cibubur (26 Oktober). (des)