Airlangga: Capres dari KIB Sosok yang Berkiprah di Partai

8
Airlangga Hartanto
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (SirOnline/Umamah)

Jakarta, SirOnline.id – Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto mengisyaratkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibangun oleh Golkar bersama PAN dan PPP akan memunculkan satu nama untuk diusung dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Kendati demikian, Airlangga masih enggan mengungkap siapa dan kapan nama tersebut dikeluarkan. Namun, ia memastikan calon tersebut adalah sosok yang berkiprah di partai politik.

“KIB mempunyai calon tersendiri, dan KIB sudah bersepakat calon itu yang berkiprah di partai,” kata Airlangga, dalam sebuah talkshow daring, Senin (10/10).

Meski belum menyebutkan nama, Airlangga menegaskan bahwa komunikasi KIB dengan partai politik lain akan sangat cair. Ia pun menjawab diplomatis bahwa meski KIB akan memunculkan satu nama menjadi capres, namun perkembangan politik kedepan tetap akan jadi pertimbangan.

“Kita akan terus mendorong. Tujuan dari partai politik, arahnya kesana (untuk capres). Tapi, ya, semuanya tergantung perkembangan,” imbuhnya.

Baca: Rayakan HUT ke-14, PIRA Ajak Perempuan Indonesia Mengembangkan Diri

Lebih lanjut, Airlangga pun mengungkap visi misi yang ingin diwujudkan KIB dalam peta politik Indonesia. Menurutnya, KIB akan mendorong politik yang lebih sejuk dan mempersempit potensi polarisasi seperti yang terjadi pada pilpres sebelumnya.

“Tentu kita ingin dorong kedepan bahwa politik itu didorong utk lebih sejuk, nuansa persaingan wajar saja. Tidak memojokkan satu pihak dan tidak ada politik identitas,” pungkas dia. (un)