Menhan Prabowo Dampingi Presiden Jokowi Pada Pembukaan Kongres Legiun Veteran Indonesia

20
Menhan Prabowo Dampingi Presiden Jokowi Pada Pembukaan Kongres Legiun Veteran Indonesia
(SirOnline/Tim Media Prabowo)

Jakarta, SirOnline.id – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan Kongres XII Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Munas XI Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (PIVERI) di Jakarta Selatan, Selasa (11/10).

Di hadapan peserta kongres yang hadir, Jokowi memberikan penghormatannya kepada para anggota Legiun Veteran Republik di seluruh Tanah Air yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta tidak pernah lelah untuk berbakti pada Ibu Pertiwi sampai saat ini.

“Republik Indonesia terus bergerak maju berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan terus bekerja keras mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa,” ucap Jokowi.

Menjelaskan situasi global yang sangat dinamis, Jokowi mengatakan jika situasi saat ini tidak mudah dan sulit untuk semua negara. Lembaga-lembaga internasional menyampaikan, sebanyak 66 negara berada pada posisi yang rentan untuk kolaps.

“Saat ini 345 juta orang di 82 negara menderita kekurangan akut dan kelaparan. Artinya ada krisis pangan,” terangnya.

Pandemi yang melanda semua negara itu mengakibatkan ekonomi global ambruk. Ditambah dengan perang Rusia-Ukraina. Sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan sekarang ini menjadi momok bagi semua negara.

Untuk itu, upaya pencegahan krisis terutama di sektor pangan sedang dilakukan oleh kabinetnya. Jokowi telah menginstruksikan untuk membuka lahan-lahan baru yang dapat ditanami padi, singkong, jagung, dan komoditas lainnya agar dapat mencukupi kebutuhan dalam negeri.

Baca: HUT ke-77 TNI, Prabowo Ajak Semua Elemen TNI Kembali Ikat Jiwa Korsa

“Sehingga keamanan pangan di dalam negeri bisa terus kita jaga, dan kalau bisa kita tingkatkan sebagian bisa kita gunakan untuk membantu negara-negara lain. Kita ekspor,” jelas Jokowi.

Turut hadir pada acara tersebut di antaranya Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Menko Polhukam Mahfud Md, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, dan Jenderal (Purn) Agum Gumelar. (nhn)