Rabu, 17 Agustus 2022 | 23:58 WIB
More

    UKM Indonesia Jadi Bagian Tulang Punggung Ekonomi ASEAN

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Geliat perdagangan usaha kecil dan menengah (UKM) online di Asia Tenggara menunjukkan peningkatan signifikan. Tercatat, pergerakan UKM di Indonesia ambil bagian dalam 69 persen usaha online di Asia Tenggara yang melakukan ekspor hingga ke sepuluh pasar internasional.

    Hal tersebut termuat dalam studi yang diluncurkan oleh eBay, salah satu e-commerce global yang menghubungkan jutaan pembeli dan penjual di seluruh Indonesia. Bertajuk ‘Laporan Perdagangan Usaha Kecil Online Asia Tenggara 2022’, eBay melakukan riset pada bisnis online di enam pasar Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

    “Di enam negara yang ditampilkan dalam Laporan, 69 persen usaha kecil yang dibina oleh eBay telah melakukan ekspor ke lebih dari 10 pasar internasional. Secara keseluruhan, komunitas bisnis kecil berbasis eBay di Kawasan ini telah melakukan penjualan di 214 pasar internasional pada tahun 2020,” ujar keterangan resmi yang diterima redaksi Sironline.id, Senin (18/7).

    Tak hanya itu, eBay juga menyebut keberadaan UKM sebagai tulang punggung Asia Tenggara. Sebab selain banyak ekspor yang dilakukan, UKM juga menyumbang hingga 99 persen total pendirian usaha, dan hingga 97 persen dari total lapangan kerja yang ada.

    Dengan penduduk berjumlah lebih dari 270 juta jiwa, hal tersebut tercermin dalam dunia usaha di Indonesia. Kementerian Koperasi dan UKM mencatat saat ini terdapat 64,2 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berkontribusi pada 61,07 persen produk domestik bruto (PDB) nasional dan meyediakan lapangan kerja bagi 97 persen dari total tenaga kerja negara. Tak heran, keberadaan UKM di Indonesia juga disebut sebagai pendorong penting pembangunan negara.

    “Laporan eBay mengungkapkan bahwa 69% usaha kecil yang dibina oleh eBay di Indonesia telah melakukan ekspor rata-rata ke 20 pasar internasional pada tahun 2020. Lima kategori produk teratas yang diekspor adalah pakaian, sepatu dan aksesori, suku cadang mobil, kesehatan & kecantikan, barang koleksi dan peralatan olahraga.”

    Baca: Jokowi Bertemu Delegasi IMF Bahas Situasi Perekonomian Indonesia

    Country Manager eBay untuk Asia Tenggara dan India, Vidmay Naini mengatakan, pihaknya terus mendorong peluang ekspor e-commerce UKM di Asia Tenggara, terlebih Indonesia. Sebab jika melihat secara nilai, kegiatan ekspor yang ditunjang oleh pemasaran online lebih besar ketimbang tradisional.

    “Fokus utama eBay di Asia Tenggara adalah memungkinkan UKM menjual ke dunia dimana pasarnya menawarkan 142 juta pembeli aktif di lebih dari 3.000-plus kategori produk dengan akses pasar ke 190 negara. UKM di kawasan ini memiliki banyak inventaris yang diinginkan konsumen global, dan mereka perlu membedakan dan mendorong skala dengan mengeksplorasi opsi ekspor e-commerce,” katanya. (un)

    BERITA TERBARU

    Turnamen Bolavoli Antarperusahaan/Instansi : SNJ Petik Kemenangan

    Jakarta,SIROnline-Tim putri Suri Nusantara Jaya (SNJ) memetik kemenangan pertama pada hari pertama Turnamen Kemerdekaan Bolavoli Antarperusahaan/Instansi Piala Gubernur DKI...

    POPULER

    BERITA PILIHAN