Indonesia Siapkan 220 Beasiswa untuk Calon Mahasiswa dari Timor Leste

207
Timor Leste
(Sumber: Kompas)

Jakarta, SirOnline.id – Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dili, Timor Leste menyiapkan 220 beasiswa bagi calon mahasiswa dari Timor Leste yang akan berkuliah di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

“Lebih dari 20 perguruan tinggi di Indonesia yang sudah bersedia dan bahkan ada yang sudah membuka tes bagi calon mahasiswa baru,” kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Dili, Timor Leste Prof Ikfan Haris, dikutip dari Antara, Senin, (18/7).

Ikfan menjelaskan bahwa walaupun sudah banyak beasiswa yang sudah disiapkan oleh mereka pada tahun 2022 ini, namun satu kendala yang dihadapi adalah terisi atau tidak 220 beasiswa yang sudah tersedia tersebut.

Ia mengatakan kini untuk beberapa distrik seperti di distrik Oecusse yang merupakan daerah enclave Timor Leste ada kurang lebih 14 beasiswa yang disiapkan bagi 14 calon mahasiswa di daerah itu.

“Sebanyak 14 beasiswa itu diberikan oleh Universitas Gorontalo khusus untuk fakultas PGSD 10 orang, bidang kesehatan dua orang serta untuk bidang farmasi dua orang. Tetapi ini khusus untuk wilayah Oecusse saja,” tambah dia.

Selain Gorontalo ada juga universitas Patimura menyiapkan 22 beasiswa melalui KBRI Dili, Timor Leste dan sudah mendaftar ada 48 calon mahasiswa.

Kemudian untuk universitas Atmajaya juga menyiapkan 50 beasiswa bagi para calon mahasiswa dari Timor Leste. Ada juga ujar dia beasiswa dari Universitas Mulawarwan yang jumlah beasiswanya khusus untuk 10 calon mahasiswa menengah kehutanan.

Baca: Berawal dari ‘Proyek Menang’ Kini Bantu Wujudkan Kemandirian Alutsista di Tanah Air

Ikfan menambahkan bahwa sampai dengan saat ini kurang lebih 2.000 alumni mahasiswa asal Timor Leste yang mengambil pendidikan di universitas di Indonesia.

KBRI Dili sendiri selalu mendukung dan membantu universitas-universitas dari Indonesia yang ingin mendapatkan calon mahasiswa dari Timor Leste tentunya melalui seleksi yang ketat. (rr)