Meski Dihantam Pandemi, RUPS Dahana Catat Tren Positif

18
RUPS PT Dahana
RUPS PT DAHANA (Sumber: Dokumentasi Humas DAHANA)

Subang, SirOnline.id – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertahanan makin memunculkan trend positif dalam pendapatan, meski sempat terhambat pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah PT Dahana yang berhasil membukukan pendapatan hingga Rp 1,9 triliun pada Tahun 2021 lalu, hal ini disampaikan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan.

Tahun Buku 2021 Defend ID Holding BUMN Industri Pertahanan untuk yang pertama kalinya, mencatatkan tren positif di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Utama PT Dahana Wildan Widarman menyampaikan, meski masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan segala variannya, perusahaannya berkomitmen untuk tetap mempertahankan kinerja unggul, sehingga mampu menaikkan pendapatan hingga 16,5 persen dari tahun sebelumnya.

“Kontribusi terbesar didapat dari lini bisnis drilling dan blasting yang mencapai 49,3 persen dari total pendapatan atau senilai Rp 937,8 miliar,” ujar Wildan, dalam keterangan resmi yang diterima redaksi, Rabu (6/7)

PT Dahana juga mencatatkan peningkatan total aset sebesar 18,7 persen, total liabilitas 36,5 persen, dan ekuitas sebesar 6,4 persen dari tahun buku 2020.

Sementara itu, di bidang investasi, PT Dahana merealisasikan 506,6 miliar di tahun 2021, di antaranya untuk membangun Pabrik Ammonium Nitrat (AN) dan Pabrik Elemented Detonanor.

Baca: Tiga Kebijakan BI Menjaga Perekonomian dari Stagflasi Global

Dewan Komisaris PT Dahana juga mengapresiasi kinerja unggul yang dipertahankan perusahaan, dengan sumber daya manusia yang didominasi oleh generasi milenial tersebut.

SDM PT DAHANA didominasi generasi muda sebanyak 68 persen, dengan demikian PT DAHANA mampu mencatat skor key performance indicator (KPI) di angka 82,93 dan memberikan kontribusi kepada negara berupa pajak dan bea masuk sebesar Rp 206,14 miliar. (irv)