PKS: Jokowi Harus Cepat Cari Pengganti Tjahjo Kumolo, Paling Lambat Sebulan

11
Mardani Ali Sera
Anggota Komisi II DPR Fraksi PKS Mardani Ali Sera. (Sumber: PKS)

Jakarta, SirOnline.id – Anggota Komisi II DPR Fraksi PKS Mardani Ali Sera menyarankan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk cepat mencari pengganti MenPAN-RB dan tak membiarkan jabatan tersebut kosong lebih dari sebulan. Hal ini dikatakannya usai menyampaikan dukacita kepada keluarga Tjahjo Kumolo.

“Duka mendalam untuk keluarga almarhum. Pak Tjahjo pribadi sederhana dan fokus dalam bekerja. Kami Komisi II DPR RI merasakan kehilangan yang besar. Perihal pengganti hak Pak Jokowi untuk menyegerakan atau menunda satu bulan ke depan. Tapi jangan lebih dari satu bulan,” kata Mardani dikutip dari Detik, Sabtu, (2/7).

Ia beralasan kekosongan yang terlalu lama akan berdampak pada kementerian. Menurutnya, itu akan berpotensi memperlambat proses perbaikan.

“Satu bulan waktu terlama untuk mengisi kekosongan. Setelah itu akan berpotensi melambat proses perbaikannya,” tuturnya.

Ia juga menilai pengganti Tjahjo tak harus dari kalangan partai. “Cari yang terbaik. Tidak harus dari partai. Karena reformasi birokrasi satu dari lima program utama Pak Jokowi,” imbuhnya.

Mardani meminta agar jajaran KemenPAN-RB tetap bekerja seperti biasa. Dia berharap jajaran KemenPAN-RB tetap mengawal para ASN, abdi negara, dan melayani dengan profesional.

Baca: Demokrat, PKB dan PKS Bakal Bentuk Koalisi Pilpres 2024

“Saya mendorong KemenPAN-RB terus memajukan diri menjaga, mengawal dan mengorkestrasi para ASN, abdi negara, untuk melayani sepenuh hati dengan sikap profesional,” ucapnya.

Jabatan MenPAN-RB untuk saat ini masih dijabat oleh pejabat sementara Mahfud Md yang ditunjuk sebagai pengganti sejak Tjahjo Kumolo dirawat intensif di rumah sakit. (rr)