Rabu, 5 Oktober 2022 | 12:02 WIB
More

    Malaysia Dukung Indonesia Pimpin ASEAN Amankan Laut China Selatan

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Malaysia mendorong Indonesia pimpin Asia Tenggara (ASEAN) menjaga keamanan di Laut China Selatan. Dukungan tersebut disampaikan oleh Pengarah Ekonomi Pejabat Perdana Menteri Malaysia Shahril Sufian Hamdan lantaran peran NKRI krusial dalam menangani ketegangan antara negara-negara ASEAN dengan China di perairan tersebut.

    “Kedudukan Indonesia sebagai Ketua ASEAN tahun 2023 merupakan peluang untuk tampil dengan kepemimpinan untuk memastikan sekali lagi menjadi satu organisasi yang menjamin keamanan kawasan,” kata Shahril, dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (2/7).

    Shahril menyebut, ia memahami posisi Indonesia dalam sengketa Laut China Selatan berbeda dengan negara Asia Tenggara lainnya. Perairan Indonesia, katanya, tidak berbatasan langsung dengan perairan China.

    Kendati demikian, ia menilai sengketa wilayah perairan tersebut bukan perkara yang mesti ditangani oleh satu atau dua negara ASEAN. Menurutnya, semua negara ASEAN perlu menyatakan sikap tegas pada China.

    “Jika rencana negara ASEAN tidak diselaraskan, kesannya bukan hanya kepada satu atau dua atau lima negara, tetapi kepada seluruh kawasan ini, termasuk Indonesia,” katanya.

    Baca: Menhan Prabowo Sambut Presiden Jokowi di Abu Dhabi

    Ia menyebut, meski pembentukan ASEAN untuk mencegah perselisihan antar negara, namun kepentingan mempertahankan keamanan bersama dari tekanan negara luar anggota ASEAN juga tidak kalah penting untuk diperjuangkan.

    China sebelumnya sempat mengutarakan klaim hak atas laut China Selatan. Mereka menyatakan perairan di Asia Tenggara merupakan bagian dari sembilan garis putus atau nine dash line. Ketegangan dengan China juga dirasakan Indonesia dalam beberapa waktu belakangan. (un)

    BERITA TERBARU

    POPULER

    BERITA PILIHAN