Rabu, 5 Oktober 2022 | 11:41 WIB
More

    Ahmad Muzani: Australia Siap Bantu Teknis dan Vaksin untuk Tangani PMK

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Pemerintah Australia berkomitmen akan membantu Indonesia menangani wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang merebak beberapa waktu belakangan ini.

    Hal itu terungkap dari pertemuan Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny William dan Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani di Jakarta, Selasa (28/6).

    Dalam pertemuan tersebut, Muzani memaparkan situasi terkini tentang wabah PMK yang kembali menjangkiti hewan ternak di Indonesia. Ia pun meminta bantuan pada pemerintah Australia untuk membantu menangani permasalahan tersebut. Mewabahnya penyakit PMK ini sangat merugikan peternak Indonesia.

    “Kami memahami bahwa Australia memiliki teknologi dalam upaya pemberantasan wabah PMK ini. Itu sebabnya kami berharap meskipun wabah ini sudah kami alami sejak tahun 90-an, tapi kemudian kami terkaget wabah ini kembali melanda para hewan ternak kita,” kata Muzani.

    “Dan terus terang ini sangat merugikan para peternak kami yang jumlahnya cukup banyak di berbagai macam daerah,” tambahnya.

    Muzani mengatakan, komitmen kerja sama tersebut nantinya akan diperkuat oleh kunjungan menteri pertanian Australia yang akan menyambangi Indonesia beberapa bulan ke depan. Lampung akan menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi pertama kali.

    “Kemungkinan bulan depan menteri pertanian Australia akan datang untuk membicarakan persoalan teknis. Dan ada kemungkinan dia akan berkunjung ke Lampung untuk kerjasama dalam bidang kesehatan hewan dan tentu manusia,” ujar Muzani.

    Baca: PBNU: Ternak Terjangkit PMK Tidak Sah Jadi Hewan Kurban

    Merespons pernyataan Muzani, Penny Williams mewakili pemerintah Australia menyatakan kesediaannya membantu penanganan wabah PMK. Tak hanya itu, ia menyebut, komitmen kerja sama juga akan fokus kesehatan hewan kedua belah negara.

    “Memang ada kerja sama program kesehatan antara Australi dan Indonesia. Dan pemerintah Australia akan membantu Indonesia dalam penanganan wabah PMK ini, berupa bantuan teknis dan vaksin,” kata Penny. (un)

    BERITA TERBARU

    POPULER

    Kisah Para Bangsawan di Bukit Siguntang

    Bernostalgia di Cafe Batavia

    BERITA PILIHAN