Jawab Isu Tak Didukung PDIP di Pilpres 2024 Ganjar: Prerogatif Ibu Ketum

12
ganjar
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.  (Sumber: Tribunnews/Fersianus Waku)

Jakarta, SirOnline.id – Kader PDIP, Ganjar Pranowo menyebut dirinya akan patuh dengan keputusan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, termasuk soal nama yang akan diusung partainya untuk pemilihan presiden (pilpres) 2024. Pernyataan itu ia lontarkan saat mengunjungi Sekolah PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (17/6).

Ganjar juga merespons kemungkinan dirinya tidak didukung partai kendati elektabilitasnya hampir selalu masuk tiga besar di setiap survei. Sesuai hasil kongres, katanya, keputusan pencalonan presiden di 2024 merupakan hak prerogatif ketua umum.

“Semua tegak lurus pada keputusan dan itulah yang sudah menjadi keputusan kongres. Itu prerogatif penuh ibu ketum,” kata Ganjar, dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (18/6).

Selain itu, saat ditanya terkait namanya masuk di bursa calon presiden dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem, Gubernur Jawa Tengah tersebut mengaku menghormati keputusan partai lain. Namun, sekali lagi ia menegaskan akan tegak lurus pada arahan Megawati.

Baca: Prabowo Masuk Bursa Capres NasDem, Plate: Selalu Terbuka Peluang

Ganjar menyebut masih terlalu dini bicara ihwal pencapresan. Ia mengatakan, saat ini dirinya masih diminta untuk membantu partai menyiapkan tahapan-tahapan Pemilu 2024. (un)