More

    Ini Kata Istana Soal Reshuffle Kabinet 15 Juni Mendatang

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Isu reshuffle kabinet pada tanggal 15 Juni mendatang mendapat respons dari Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. Ia mengatakan, kewenangan perombakan atau reshuffle kabinet sepenuhnya ada pada presiden.

    “Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan aja ya terserah, mau hari ini, besok, atau lusa,” kata Pramono dikutip dari siaran pers Seskab, Selasa (14/6).

    Pramono menambahkan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah delapan tahun memimpin kabinet pemerintah dan sangat mengetahui kebutuhan dari kabinetnya.

    “Reshuffle kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Maunya kapan, orangnya dari mana, partainya apa, kebutuhannya apa presiden yang tahu. Karena pemerintahan ini kan masih dua tahun lagi, sehingga dengan kebutuhan dan kecepatan itu presiden yang memutuskan,” lanjut Pramono.

    Di tempat berbeda Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo juga menanggapi isu reshuffle kabinet ini. Ia menegaskan spekulasi pemberhentian nama besar dalam kabinet akan berimbas terhadap situasi politik nasional secara keseluruhan.

    “Spekulasi sekarang ini bahkan menyebut akan ada nama besar yang diberhentikan dari kabinet, yang mungkin akan memicu efek domino politik nasional,” kata Dradjad, dikutip dari CNBC Indonesia.

    “Jika akan terjadi sesuatu yang signifikkan, saya biasanya diberi tahu langsung oleh sahabat saya, salah satu tokoh kunci di dalam tim internal pak Jokowi. Per hari ini, sabahat tersebut belum memberi info terkait reshuffle,” jelas dia.

    Dradjad sendiri tak membantah muncul rumor PAN akan masuk dalam kabinet. PAN dikabarkan akan mendapatkan dua kursi yakni satu kursi menteri dan satu kursi wakil menteri di kabinet. Nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pun masuk dalam bursa calon menteri.

    Ketua DPP PAN Saleh Partanoan Daulay sebelumnya mengatakan, jika PAN mendapatkan kursi di pemerintahan, maka mereka akan siap bekerja sama dengan jajaran lainnya.

    “Tentu kami dengan hati untuk ikut bergabung di dalam kabinet,” kata Saleh.

    Ia mengklaim dukungan PAN kepada pemerintah diberikan tanpa syarat. Dia memastikan PAN akan tetap memberikan dukungan sampai pemerintahan Jokowi berakhir pada 2024.

    Saleh mengaku belum bisa memastikan posisi menteri apa yang bakal didapat PAN. Yang jelas, menurut dia, PAN akan mengirimkan kader terbaik untuk menjabat posisi yang diminta Jokowi.

    Baca: Dinilai Peduli Nasib Petani, Prabowo Dipercaya Jadi Ketua Dewan Pembina PTI

    Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dikabarkan akan menjadi ‘korban’ reshuffle. Saat ditemui usai rapat kerja bersama Komisi IV DPR, Syahrul pun angkat bicara. “Bukan urusan saya, aku kerja saja,” kata Syahrul. (rr)

    BERITA TERBARU

    POPULER

    BERITA PILIHAN