Hekal Dorong Terus BUMN Wujudkan Pemberdayaan Umat

31

sironline.id, Jakarta – Sebagai Wakil Ketua Komisi VI DPR yang membidangi BUMN, Mohamad Hekal memiliki komitmen kuat agar BUMN terus berpihak pada pemberdayaan umat. Sebagai contoh, berbagai program bantuan sarana dan beasiswa pendidikan, pelatihan usaha, serta program pemberdayaan umat telah disalurkan ke sejumlah pesantren dan masjid didapil Jawa Tengah IX yang meliputi (Kota dan Kabupaten Tegal serta Kabupaten Brebes).

Bantuan sarana pendidikan, pelatihan usaha, hingga program pemberdayaan itu terselenggara atas sinergi dengan BUMN.“Pemberdayaan BUMN yang disalurkan kepada masyarakat itu merupakan bentuk kepedulian terhadap umat. Ke depan, saya mendorong agar kolaborasi antara BUMN dalam pemberdayaan umat terus dibangun dan diperkuat,” ujar Hekal dalam penjelasannya pada acara sosialisasi “Peran BUMN untuk pemberdayaan umat”  di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal melalui virtual (16/12/2021)

Pemberdayaan ekonomi umat ini dapat dilakukan dengan cara memberikan pelatihan, pendampingan, inkubasi, dan dukungan teknis serta akses permodalan. Bisnis yang dijalankan oleh pesantren perlu menyesuaikan dengan potensi dan segmentasi pasar. “Kewirausahaan berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, mulai dari menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan nasional, menciptakan nilai tambah barang dan jasa, mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial, serta terciptanya ekonomi umat yang kokoh,” tutur Hekal.

Menurut Slamet Rujito, selaku Staf Khusus Wakil Ketua Komisi VI DPR mengatakan, dalam konteks pemberdayaan umat, maka patut terus didorong agar perusahaan BUMN juga memberi manfaat bagi masyarakat, dalam bentuk produk dan inisiatif yang dilakukan perusahaan tersebut.

“Di berbagai daerah, di Tegal dan Brebes misalnya, saya melihat berbagai perusahaan BUMN bersinergi dengan berbagai lapisan di masyarakat. Salah satunya sinergi Pertashop yang dikelola Pertamina dengan ragam latar belakang masyarakat di daerah, desa, dan pondok pesantren. Terdapat pula BRI Link yang dikelola BRI dan BSI yang berkomitmen memberikan dukungan produk dan jasa layanan perbankan bagi UMKM di lingkungan/ekosistem pesantren, mulai dari agen Laku Pandai, modal kerja untuk usaha, termasuk jika ingin membuka Pertashop,”pungkasnya.