Personal Branding Coach Indah Warsetio Gelar Personal Branding Week 2021

37

Sironline.id, Jakarta – Memiliki personal branding yang menarik dapat menunjang pencapaian karir yang memukau, mampu berkompetisi dalam bisnis usaha, dapat dengan mudah mempengaruhi dan membangun kepercayaan orang lain dalam kehidupan karir maupun kehidupan pribadi. Personal Branding ini sangat diperlukan dalam mewujudkan segala goals tujuan visi misi kita agar kita jauh lebih bermanfaat.

I

Ketika kita gagal dalam mengelola personal branding, ini membawa pengaruh yang berdampak pada kehidupan kita. Seringkali kita gagal dalam meyakinkan orang lain, dianggap tidak penting dan tidak berpengaruh, menjadi pribadi yang minder, pemalu dan kurang antusias dalam pekerjaan dan bisnis. Kita tidak sadar bahwa kita telah memberikan mental block atau ruang negatif terhadap diri sendiri.

Dari sekian permasalahan yang dihadapi tersebut, Branding You menggelar pelatihan Personal Branding Week di awal bulan Desember 2021 ini. Dan program ini memberikan solusi yang sangat aplikatif bagi peserta pelatihan. Selama satu minggu inkubasi peserta mengikuti program belajar yang telah disusun secara sistematik dan dengan konsep mentoring yang sangat fun.

Seperti yang disampaikan Indah Warsetio sebagai salah satu mentor Personal Branding Coach dan juga CEO Media Agency serta Co-Founder Branding You, dalam sesi webinarnya dalam membangun personal branding mengatakan, di era digital ini “people buy people” yang menandakan bahwa salah satu nilai jual tertinggi dalam diri adalah diri Anda sendiri. Minimal diri Anda memiliki rekam jejak yang dapat dilihat oleh siapapun.

Ada 5 langkah mudah yang diperlukan terkait dalam membangun personal branding yang memukau :

  1. Be you

Identifikasi diri kita yang mencakup apapun yang kita suka dan enjoy dalam menjalankannya, sudah menjadi keahlian kita dan hal ini dapat menghasilkan sesuatu dan bermanfaat bagi orang lain. Tuangkan secara bebas bagaimana kekuatan, value ataupun passion yang kita miliki. Intinya sesuatu yang benar-benar menggambarkan diri kita yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

  1. Reasons to believe

Hal ini terkait kompetensi yang kita miliki, pastikan profile diri kita dapat mencantumkan rekam jejak pendidikan, skill/keahlian, pelatihan, sertifikasi serta pengalaman. Kekuatan dan keahlian yang dapat diberikan kepada orang lain atau target audience kita pada khususnya. Apa yang membuat diri kita lebih menonjol, berbeda  dan berlebih dalam memberikan manfaat dari key benefit. Anda bisa membuat listing competitor atau profesi seseorang yang memiliki branding yang sama dengan kita dan mereview apa saja keunggulan yang dapat membuat kita lebih menonjol. Sehingga kepercayaan yang telah melekat pada diri kita ini dijadikan sebagai kekuatan.

  1. Authenic Style

Sesuatu hal yang membedakan diri kita dengan yang lainnya, hal ini terkait visual image. Bagaimana kita membentuk tampilan diri agar lebih mudah di ingat orang lain / audience kita. Apa yang Anda kenakan akan menunjukkan kepribadian Anda sendiri. Maka dari itu, jangan ragu untuk berpenampilan menarik dan profesional setiap saat karena hal ini merupakan personal branding Anda. Gaya berpakaian akan mempengaruhi persepsi orang lain terhadap Anda. Tentunya Anda ingin dinilai sebagai pribadi yang menarik dan selalu menghargai pekerjaan Anda, kan?

  1. Networking

Networking membantu kita membangun Personal branding dan memperluas koneksi, bahkan di bidang yang tidak kita tekuni sebelumnya. Tidak ada batasan dalam personal branding, terlebih lagi dalam di komunitas-komunitas organisasi.

Ketika kita membangun personal branding, hal itu akan membantu kita mendapatkan paparan atau exposure untuk lebih dikenal lagi secara luas. Dengan demikian, koneksi semakin bertambah dan pekerjaan semakin lancar.

  1. Digital branding

Meningkatkan awareness ketika memperkenalkan diri atau jasa terhadap calon klien sangat penting agar klien yakin dan mau bekerjasama dengan anda. Selain untuk menjangkau audience yang jauh lebih luas lagi, sehingga digital branding juga dirasa efektif untuk meningkatkan awareness mengenai program. Awareness ini penting dilakukan ketika anda memiliki brand, namun belum terlalu dikenal. Dalam hal ini anda dituntut untuk lebih kreatif dalam melakukan digital branding. Dengan memanfaatkan akun media sosial brand dengan konten yang unik. Cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan awareness dan menciptakan suasana engaging dengan followers kita.

Ke 5 langkah ini merupakan pondasi dasar yang telah Anda miliki, namun seberapa fokus anda dapat menggali dan menjalankan nya. Membangun Personal Branding berarti melatih diri untuk menjadi pribadi yang tangguh, tidak mudah menyerah dan selalu optimis akan jalan keluar.

“Ini 5 langkah penting dan mudah dijalani dalam membangun Personal Branding, mari kita mulai menanam kebaikan, mulai dari hal yang sederhana, mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang,” ujar Indah Warsetio dalam sesi wawancaranya.

Kunci utama dari personal branding adalah komitmen, confident, konsistensi terhadap Self-image positif yang dapat menghasilkan kinerja dan bermanfaat bagi orang lain.