More

    Niagahoster Pastikan Masa Depan Website Tetap Cerah

    BACA JUGA

    sironline.id, Jakarta – Selain media sosial dan​ marketplace, ​website ​ dapat menjadi pilihan bagi bisnis yang ingin ​go online. Pada skala bisnis menengah ke besar, ​website ​ diperlukan untuk  memperkuat ciri khas bisnis dan membangun kredibilitas sebuah perusahaan. Berbeda dengan media sosial dan ​marketplace ​ yang pengelolaannya cenderung lebih mudah,  mengelola ​website ​ memerlukan keterampilan teknis khusus. Dari hal ini timbul pertanyaan; apakah website ​ masih relevan untuk dikembangkan dan dimiliki pelaku bisnis?

    Pada 7 Desember 2019 di GoWork Menara Rajawali, perusahaan penyedia layanan ​web-hosting Niagahoster mengadakan Media Gathering & Product Launch untuk secara khusus membahas masa depan ​website ​ dan menawarkan solusi untuk kesulitan pengelolaan teknis ​website . CEO Niagahoster, Ade Syah Lubis mengungkapkan sebelum adanya aplikasi dan ​marketplace, website ​ merupakan penanda kehadiran ​online ​ seseorang atau sebuah perusahaan. “Pada tahun 90an, tercipta ​world wide web ​ (WWW), untuk pertama kali. Hal itu juga menjadi pembuka akses internet ke masyarakat luas. Jika media sosial mengenal tren yang terus berubah, website ​ cenderung lebih stabil.” kata Ade Syah Lubis.

    Hal ini juga dikonfirmasi oleh Ivan Kristianto, WordCamp Jakarta Organizer dan WordPress Experts yang juga hadir menjadi panelis dalam sesi diskusi. Selain menjadi ​platform go online ​ yang stabil, website ​ juga menjadi ​platform ​ bagi bisnis yang ingin eksis di mesin pencari seperti Google. “(Bagi bisnis) lebih baik mengembangkan ​website ​ daripada aplikasi. (​website ​ ) Lebih ringan, dan secara harga jauh lebih murah daripada aplikasi. Memiliki ​website ​ juga sama berinvestasi untuk mengenalkan bisnis ke pasar yang lebih luas.” jelas Ivan Kristianto.

    Brainhub.eu dalam laporannya menyebutkan, ​website ​ dapat menjangkau lebih banyak pengguna dibandingkan ​apps. ​ Selain itu, dari sisi ​design , ​website ​ tidak memerlukan modifikasi tertentu untuk tampilan di jenis ​device ​ berbeda (Android / iOS). Hal lain yang membuat ​website ​ dapat dipertimbangkan sebagai investasi digital adalah kecenderungan orang untuk mulai “meninggalkan” ​apps​ . Data di Amerika yang dihimpun oleh Techcrunch​ menyebutkan 51% orang Amerika tidak mengunduh ​apps ​ apapun dalam sebulan. Data ini menunjukkan masa depan ​website ​ yang cerah sebagai aset digital bagi bisnis. Memiliki website ​ sama seperti mengamankan kehadiran ​online ​ di mesin pencari, yang setiap harinya dikunjungi ratusan juga orang.

    Di Indonesia sendiri, dorongan pemerintah agar UKM ​go online​ juga turut mempengaruhi       terbentuknya ekosistem ekonomi digital secara menyeluruh. Media sosial,​marketplace, ​ dan​website merupakan ​platform go online ​ yang saling melengkapi kehadiran ​online ​ bagi bisnis.

    Kendati memiliki potensi yang besar untuk berkembang, ​website ​ masih dirasa sulit untuk dibuat dan dikelola. Para panelis pun merekomendasikan penggunaan ​content management system ​ (CMS) WordPress sebagai ​tools ​ untuk mengatur tampilan dan mengisi konten pada ​website. Untuk membantu semua orang semakin mudah dan cepat membuat ​website ​ WordPress, Niagahoster merilis fitur WordPress Store. WordPress Store ini adalah sebuah fitur yang menyediakan pilihan tema ​website ​ WordPress yang sesuai dengan kebutuhan ​website ​ bagi bisnis (​company profile, ​ toko ​online, ​blog , dan lainnya).  Pengembangan fitur ini juga menjawab permasalahan 77,3% pengguna ​website ​ WordPress (dari  650 responden Niagahoster) yang mengaku menghabiskan banyak waktu paling lama mengutak-atik tampilan ​website.

    “Banyak orang yang akhirnya “menyerah” (dengan ​website ​ -nya) karena melihat tampilan ​website yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kami ingin memangkas waktu orang membuat​ website dengan mengembangkan fitur ini.” ujar Wayan Cahyono, ​Head of Product ​ Niagahoster. Dengan fitur ini, diharapkan para pemilik bisnis, ​developers ​ pemula, dan semua orang tidak lagi memandang ​website ​ sebagai ​platform go online ​ yang sulit untuk dibuat.

    BERITA TERBARU

    Terinspirasi dari Alam, Seniman US Gelar Pameran Lukisan di Bali

    Jakarta, SirOnline.id - Seniman asal Amerika Serikat, Rom Yaari memukau khalayak melalui pemeran lukisannya yang terinspirasi dari alam. Mengusung tema...

    POPULER

    BERITA PILIHAN

    Mengungkap Pesona Karimunjawa