Sabtu, 10 Desember 2022 | 13:10 WIB
More

    Lestari Moerdijat, Pendatang Baru dan Satu-satunya Wanita Pimpinan MPR

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Sironline.id, Jakarta – Lestari Moerdijat merupakan nama yang diusung Partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk mengisi kursi pimpinan MPR RI periode 2019-2024. Perempuan kelahiran Surabaya 30 November 1967 itu merupakan pendatang baru di parlemen. Lestari Moerdijat maju sebagai calon legislatif Pemilu 2019 untuk NasDem dari Daerah Pemilihan Dapil 2 Jawa Tengah.

    Kader Partai NasDem yang akrab disapa dengan panggilan Mbak Rerie ini bahkan memperoleh suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif 2019. Ia meraih 162.996 suara, padahal Rerie bertarung di daerah pemilihan yang disebut “angker” karena calon legislatif dari dapil tersebut terkenal dengan persaingan yang ketat dan memiliki elektabilitas tinggi.

    Setelah dipastikan melenggang ke Senayan, Ketua Umum Partai NasDem  Surya Paloh ternyata langsung menunjuk Lestari sebagai calon pimpinan MPR dari Partai NasDem. Penunjukan tersebut karena Surya menilai Lestari Moerdijat merupakan sosok yang tepat untuk duduk di pucuk pimpinan untuk menahkodai MPR. Meskipun pendatang baru di kancah parlemen, Lestari Moerdijat memiliki kemampuan mumpuni.

    Lestari Moerdijat adalah seorang eksekutif wanita yang menjabat sebagai Wakil Ketua Media Grup dan Presiden Direktur Media Indonesia. Ia juga menjabat sebagai direksi dan komisaris di beberapa anak perusahaan Media Grup, antara lain Surya Energi Raya, CS Media Investment, Metro TV, Pangansari Utama, dan Emas Mineral Murni. Tak hanya cakap di dunia usaha, Lestari Moerdijat juga aktif di bidang sosial.

    Ia juga menjabat sebagai Dewan Pembina Yayasan Sukma yang mengelola beberapa sekolah di Bireun, Pidie, dan Lhokseumawe, Aceh. Selain di Yayasan Sukma, Lestari terlibat aktif dalam kampanye-kampanye berjuang melawan kanker payudara lewat Komunitas Sahabat Lestari. Ia merupakan salah seorang penyintas kanker payudara. Pada tahun 2016 ia didiagnosa mengidap kanker payudara HER2 positif.

    Lestari Moerdijat menjadi politisi perempuan satu-satunya yang duduk mengisi kursi kepemimpinan MPR RI 2019-2024. Ketum Nasdem pernah menyampaikan, penunjukan Lestari menjadi pimpinan MPR dari Fraksi Nasdem merupakan komitmen partai tersebut dalam memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk berkontribusi bagi partai dan bangsa. Lestari memiliki total kekayaan Rp 36.473.616.085. Lestari melaporkan harta kekayaannya pada 31 Maret 2019 sebagai calon anggota DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem Provinsi Jawa Tengah Dapil II. D. Ramdani

    BERITA TERBARU

    Kalya Mahiya Ingin Budaya Indonesia Semakin Dicintai

    Jakarta, SirOnline.id - Semua orang menginginkan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Namun, tak banyak orang mau mengusahakan untuk...

    POPULER

    BERITA PILIHAN