Sabtu, 8 Oktober 2022 | 04:19 WIB
More

    Belajar ngebatik di Tembi Rumah Budaya

    sironline.id |

    BACA JUGA

    sironline.id, Yogyakarta – Tembi Rumah Budaya terletak di Jalan Parangtritis Km. 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Museum yang menempati tanah seluas 3.500 meter persegi dengan dengan luas seluruh bangunan mencapai 1057 meter persegi mengkhususkan diri pada kebudayaan jawa.

    Tembi Rumah Budaya memiliki fasiltas lain yang berkaitan erat dengan seni dan budaya. Tembi Rumah Budaya menampilkan koleksi peninggalan benda sejarah seperti keris, tempat tidur kayu, tombak, wayang kulit, topeng, dan lain-lain. Selain itu terdapat galeri seni, bale dokumentasi, dan perpustakaan dengan jumlah naskah yang mencapai kurang lebih 5.000 buah. Tak hanya itu, perpustakaan juga menyimpan benda-benda bersejarah maupun karya seni baik lukis, kriya, maupun instalasi bale dokumentasi didominasi oleh foto-foto kuno, majalah kuno, dan benda-benda kuno lain.

    Tak hanya itu, Tembi Rumah Budaya mempunyai beberapa koleksi yang variatif, berupa peralatan tradisional Jawa antara lain peralatan dapur seperti tungku dan dandang, senjata berupa keris dan tombak, peralatan bertani berupa bajak, peralatan seni gamelan dan batik, dan juga foto-foto zaman dahulu, poster kuno bahkan ada sepeda motor kuno.

    Tempat ini juga menyediakan ruang pameran, meeting room, tempat penginapan, restoran, kolam renang, dan pendopo beserta seperangkat alat gamelan. Anda baru yang datang ke sini, akan sangat dibantu oleh guide yang selalu siap menjawab pertanyaan Anda karena tour guide ini tidak hanya mengetahui masalah Desa Tembi melainkan benar-benar mengetahui seluk beluk budaya Jawa sehingga dijamin Anda akan puas dengan pelayanan di sini.

    Setiap bulannya digelar kegiatan rutin berupa pertunjukan tarian nasional dari sabang sampai merauke. Dan pertunjukan wayang dengan dalang lokal daearah Bantul. Selain menjadi salah satu paket kunjungan museum masih terdapat kegiatan tradisional berupa membajak sawah dengan sapi, membatik, bermain gamelan, dan lain lain.

    Saat  menyambangi Tembi Rumah Budaya, diberi kesempatan untuk belajar membatik dan bermain gamelan. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan. Tembi Rumah Budaya buka setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 09.00-16.00 WIB. (des)

     

    BERITA TERBARU

    POPULER

    BERITA PILIHAN