IPS: Duet Prabowo-Erick Paling Diminati Publik

12
Bertemu Prabowo, Erick Thohir- Menyamakan Persepsi
Erick Thohir saat menyambangi Prabowo Subianto di Kemhan. (sumber: Tim Media Prabowo)

Jakarta, SirOnline – Lembaga survei Indonesia Polling Stations (IPS) kembali merilis survei terkait elektabilitas sejumlah tokoh yang digadang-gadang akan meramaikan Pemilu 2024.

Pada survei yang dilakukan pada 7-17 Oktober 2022 tersebut, IPS memberikan simulasi tiga model pasangan capres-cawapres paling disoroti pada 1200 responden. Mereka adalah Prabowo-Erick, Anies-AHY dan Ganjar-Airlangga.

Hasilnya, Peneliti Lembaga Survei IPS Alfin Sugianto mengatakan pasangan Probowo-Erick paling diminati masyarakat karena dianggap sebagai penerus visi pembangunan Presiden Joko Widodo.

“Ternyata, sebanyak 32,5 persen mengaku akan memilih Prabowo-Erick, lalu Anies-AHY sebanyak 26,1 persen dan Ganjar-Airlangga 15,7 persen. Sementara 25,7 persen responden mengaku belum punya pilihan (undecided),” kata Alfian melalui keterangan resmi, Rabu (19/10).

Lebih lanjut, Alfian pun mengungkap setidaknya ada empat faktor utama dibalik terpilihnya Prabowo-Erick. Pertama, kedua tokoh dinilai memiliki karakter yang kuat juga merupakan menteri dengan kinerja terbaik dalam Kabinet Jokowi-Ma’ruf.

Kemudian, Alfian meyakini Prabowo-Erick adalah kombinasi pasangan militer-sipil yang banyak didambakan publik. Ketiga, dua sosok tersebut merupakan kombinasi pasangan tua-muda yang juga dinilai ideal untuk memimpin Indonesia 2024-2029.

“Keempat, Prabowo dan Erick sama-sama merupakan tokoh yang dekat dengan Jokowi dan dengan demikian diharapkan dapat melanjutkan visi pemerintahan Jokowi,” tutup Alfian. (un)