Kobarkan Semangat IPSI Jabar, Prabowo: Pencak Silat Mendidik Watak

13
Prabowo Subianto - IPSI
Prabowo Subianto saat melantik Pengurus IPSI Jabar Masa Bakti 2022-2026.(SirOnline/Tim Media Prabowo)

Bandung, SirOnline.id – Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) Prabowo Subianto melantik Pengurus IPSI Provinsi Jawa Barat Masa Bakti 2022-2026 di Bandung, Jawa Barat, Senin (12/9). Pelantikan itu dihadiri sejumlah pihak, termasuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Pada kesempatan tersebut, Prabowo yang juga Menteri Pertahanan menegaskan bahwa pencak silat merupakan warisan budaya yang perlu dilestarikan. Sebab selain bentuk pertahanan diri, Menteri Pertahanan itu menyebut bahwa pencak silat juga memuat nilai-nilai penting untuk membangun bangsa.

“Lebih dari itu, kita harus mengambil nilai-nilai yang diajarkan. Karena pada bela diri, termasuk pencak silat mendidik watak, mendidik jjiwa, mendidik karakter,” ujar Prabowo.

“Bangsa yang kuat adalah bangsa yang karakternya kuat. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang wataknya kuat, rakyatnya kuat, rakyatnya berani,” sambungnya.

Lebih lanjut, Prabowo mengaku sebuah kehormatan bagi dirinya  dapat memberikan pengabdian dan berbakti, membina, dan melestarikan pencak silat hingga kini.

“Sungguh suatu kehormatan bagi setiap insan suatu bangsa. Karena manusia harus hidup dalam suatu kerangka, suatu konteks yang memberi arti dalam kehidupannya,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, ia pun mengenang pengabdian yang telah ditempuhnya menjadi bagian pengurus IPSI. Prabowo menyebut, dirinya telah berkecimpung sejak tahun 85. Artinya, Prabowo nyaris 40 tahunmengabdikan dirinya untuk pencak silat.

“Saya sudah aktif sejak muda. Di taruna juga diwajibkan bela diri beberpa negara, termasuk pencak silat. Sebagai taruna muda dan sebagai perwira menengah, saya sudah berkecimpung di IPSI,” ungkapnya.

Baca: 2.974 Komcad Resmi Perkokoh Kekuatan Pertahanan Negara

Selain mengucapkan selamat, Prabowo pun mengucapkan terima kasih atas kesediaan pengurus IPSI Jabar mengabdikan diri untuk pencak silat.

“Terima kasih juga kepada Gubernur Jawa Barat yang selalu memberikan perhatian kepada pencak silat, memberi kehormatan kepada IPSI,” kata Prabowo. (un)