Wamenhan Ungkap Pembelian Jet Tempur untuk Perkuat Pertahanan Negara

25
Muhammad Herindra
Wamenhan dalam Pembukaan Misi Pegasus 2022 di Lanud Halim Perdanakusuma. (SirOnline/Umamah)

Jakarta, SirOnline.id – Wakil Menteri Pertahanan RI Muhammad Herindra mengungkap, penguatan pertahanan negara menjadi alasan dibalik pembelian sejumlah pesawat tempur dari Prancis.

“Kementerian Pertahanan dengan Prancis melaksanakan sebuah kontrak diantaranya adalah akuisi 6 Pesawat Rafale, kemudian 2 pesawat A400M. Ini semua dalam rangka memperkuat pertahanan Indonesia,” kata Herindra saat membuka Misi Pegasus 2022 di Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (12/9).

Selain itu, ia pun menyebut semakin kuatnya pertahanan NKRI tidak lepas dari peran Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang terus berupaya mencari alternatif.

Hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Prancis pun, lanjut Herindra, juga terus berkembang. Menurutnya, hal ini sangat terlihat dari sejumlah  perjanjian yang telah disepakati oleh kedua negara.

“Seperti pogram promosi kerja sama pendidikan dan pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Herindra menegaskan bahwa kesadaran memperkuat pertahanan negara sudah seharusnya terus dilakukan. Menurutnya, gejolak yang kini terjadi pada beberapa negara merupakan pertanda bahwa ancaman itu nyata.

Misi Pegasus 2022 merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Angkatan Udara Prancis (FASF) dengan mengerahkan tiga jet tempur Rafale, satu pesawat angkut A400M, dan dua pesawat 330 MRTT.

Baca: 2.974 Komcad Resmi Perkokoh Kekuatan Pertahanan Negara

Indonesia menjadi salah satu negara yang dikunjungi dalam misi ini selain Singapura. Kedatangan enam pesawat milik FASF tersebut merupakan bagian dari kegiatan kerja sama antara TNI Angkatan Udara (TNI AU) dengan AU Prancis.

Sebelum mendarat di Indonesia, pesawat-pesawat tersebut terlebih dahulu mengikuti latihan multinasional Pitch Black ’22 di Royal Australian Air Force (RAAF) Base, Australia. (un)