Rabu, 5 Oktober 2022 | 11:43 WIB
More

    Kepala Staf Angkatan Udara Prancis Sambangi Kementerian Pertahanan

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan dari Kepala Staf Angkatan Udara (Chief of Staff of The French Air Force and Space Force) General Stephane Mille di Kantor Kementerian Pertahanan RI (Kemhan), Jakarta, Senin 11/7.

    Bersama dengan delegasi Angkatan Udara dan Antariksa Prancis (FASF) dan Dubes Prancis untuk Indonesia, Mille menjelaskan bahwa kedatangannya adalah bagian dari bentuk apresiasi terhadap pemerintah Indonesia khususnya Kemhan di bawah Menhan Prabowo atas peningkatan kerja sama pertahanan yang intens kedua negara dalam beberapa tahun terakhir ini.

    Menhan Prabowo menyampaikan bahwa yang terpenting dari kemitraan strategis antara Indonesia-Perancis saat ini adalah memperkuat bidang alutsista TNI sebagai langkah konkret dalam mewujudkan modernisasi Alutsista nasional.

    Selain itu, nantinya pelaksanaan ToT tentunya akan membawa angin segar bagi pemerintah terlebih untuk memajukan kapasitas industri pertahanan Indonesia sebagai bagian dari global production chain produk alutsista.

    Hubungan strategis antara Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly bersama Menhan Prabowo telah menghasilkan Perjanjian Kerja Sama Bidang Pertahanan (Defense Cooperation Agreement/DCA).

    Baca: Menhan Prabowo Akan Bangun Angkatan Udara yang Kuat dan Unggul

    Atas dasar tersebut, Mille menegaskan kembali DCA akan memayungi kerja sama pertahanan secara komprehensif seperti kerja sama bidang pendidikan dan latihan militer, keamanan maritim, pemberantasan terorisme, pengembangan industri pertahanan hingga penguatan kapasitas dalam penanggulangan bencana.

    Sebelumnya, Indonesia dengan Prancis telah menandatangani beberapa kerja sama di bidang pertahanan, di antaranya kontrak pembelian pesawat tempur Rafale, menandatangani nota kesepahaman kerja sama di bidang riset dan pengembangan antara PT PAL dan Naval Group. Kemudian MoU kerja sama Program Offset dan ToT antara Dassault dan PT Dirgantara Indonesia, MoU kerja sama di bidang telekomunikasi antara PT LEN dan Thales Group, serta kerja sama pembuatan amunisi kaliber besar antara PT Pindad dan Nexter Munition. (nhn/si)

    BERITA TERBARU

    POPULER

    Kisah Para Bangsawan di Bukit Siguntang

    Bernostalgia di Cafe Batavia

    BERITA PILIHAN