Sampoerna Academy “Lunar in Ox Wonderland” : Edukasi Melalui Selebrasi Tahun Baru Lunar

142
Firda Dwiyanti dan Devina Hermawan

Jakarta – Setiap tahunnya, institusi pendidikan formal bertaraf internasional Sampoerna Academy menggelar perayaan tahun baru Lunar yang melibatkan seluruh murid, guru, dan orang tua. Mengikuti himbauan pemerintah serta menjaga keamanan, kesehatan, dan kenyamanan bersama, untuk pertamakalinya perayaan tahun baru Lunar Sampoerna Academy digelar secara virtual melalui berbagai pilihan platform. Mengusung tema “Lunar In Ox Wonderland”, perayaan tahun ini tetap dikemas secara meriah dan unik mengedepankan filosofi pembelajaran Sampoerna Academy, berupa pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics)  yang fokus pada pengembangan kompetensi 5C (Creative, Critical Thinking, Communication, Collaboration, Character) dan nilai-nilai IGNITE (Integrity, Growth Mindset, Nobility, Innovation, Teamwork, Excellence).

Frida Dwiyanti, Principal Sampoerna Academy Sentul, mengungkapkan selain sebagai selebrasi menyambut tahun baru, acara ini juga merupakan sarana pembelajaran efektif. “Sebagai sekolah interkultural, kami sangat menjunjung tinggi dan menghormati keberagaman. Oleh karena itu, perayaan tahun baru Lunar menjadi momen istimewa bagi kami untuk memperkenalkan multi-budaya sekaligus mengajarkan nilai-nilai toleransi, solidaritas, dan empati kepada para murid. Hal ini sejalan dengan filosofi pembelajaran kami yang fokus pada pengembangan kompetensi 5C dan tentunya penamanan nilai-nilai IGNITE,” jelasnya.

Digelar selama dua jam, acara ini juga bertujuan mendorong para murid untuk mengekspresikan pemahamannya mengenai budaya dan tradisi tahun baru Lunar melalui berbagai sesi penampilan, mulai dari pertunjukan folklore “The Great Race”, hingga talent show dari berbagai tingkat kelas dan seluruh campus Sampoerna Academy. Selain itu, para peserta juga dapat mengikuti berbagai workshop seru dan edukatif yang menggunakan metode pembelajaran STEAM, mulai dari DIY Lantern Workshop, Calligraphy Writing, serta Cooking Show bersama Celebrity Chef Devina Hermawan.

Ditemui dalam sesi sama, lulusan Masterchef yang dikenal dengan resep lezat untuk keluarga, Celebrity Chef Devina Hermawan terlihat sangat antusias mengikuti acara ini. “Bagi saya esensi tahun baru Lunar adalah kebersamaan dan suasana ini bisa tercipta melalui hidangan. Meski perayaan tahun ini di rumah saja, kita tetap bisa membuat momen ini istimewa dengan memasak menu-menu identik dengan tahun baru Lunar, seperti dimsum. Di rumah, aktivitas memasak menu tahun baru Lunar sudah jadi tradisi keluarga. Sambil memasak, saya bisa sekaligus mengenalkan dan mengajarkan si kecil berbagai hal baru, mulai dari membaca angka timbangan, memilah-milah rasa, sampai menjelaskan tentang uap panas saat memasak air. Kalau kata saya, sesi belajar sambil main,” ungkapnya.

 Perayaan kali ini juga menjadi momentum istimewa bagi Sampoerna Academy, karena pertamakalinya digelar secara terpusat dan serentak. Tentunya, ini menjadi pengalaman berkesan, karena meskipun belum bisa bertemu, rasa kebersamaan tetap dapat tercipta melalui fitur chat, sehingga para peserta dapat saling menyapa dan berinteraksi secara langsung selama acara. Selain itu, untuk menambah semarak kebersamaan, acara perayaan Sampoerna Academy “Lunar in Ox Wonderland” juga dapat diikuti oleh masyarakat dengan mengikuti live session di akun Instagram @sampoerna.academy.

“Melalui acara ini, Sampoerna Academy ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru Lunar, dan semoga tahun ini membawa kesejahteraan dan kesehatan bagi kita semua. 12 Februari 2021 menandai awal tahun lunar baru, Tahun Kerbau Logam. Dalam filosofi Asia, Kerbau mewakili ketekunan, tekad, dan kekuatan, sedangkan Logam adalah elemen keberanian, kebenaran, dan ketabahan. Dengan semua perubahan dramatis dalam hidup kita saat ini, kita selalu dapat menggunakan tekad dan kesabaran Kerbau untuk mengatasi tantangan tak terduga dengan moral sekuat elemen logam. Selamat Tahun Baru Lunar 2572,” ungkap Frida sambil menutup sesi.