Sukseskan Program Utama Presiden RI Pak Prabowo Bersedia Ke India

62

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke India dan bertemu Menteri Pertahanan India H. E. Rajnath Singh. Media setempat melaporkan bahwa salah satu pembahasan kedua pihak terkait kerja sama pembelian rudal supersonik BrahMos ke Indonesia. Namun, dalam akun Instagram-nya, Prabowo menjelaskan singkat soal kunjungannya ke India, dikutip Rabu (29/7).

“Melaksanakan Kunjungan Bilateral ke Kementerian Pertahanan India. Pada kunjungan kali ini saya dan Menteri Pertahanan India H. E. Rajnath Singh membahas kerja sama di bidang pertahanan antar kedua negara, dan juga program yang bisa di sinergikan untuk mendukung program cadangan logisitik strategis yang saat ini menjadi salah satu program utama Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo,” jelas Prabowo.

Salah satu poin dalam penjelasan Prabowo adalah soal program cadangan logisitik strategis, yang memang tak dijelaskan Prabowo secara rinci. Namun, informasi ini melekat dengan rencana Presiden Jokowi yang sedang membangun food estate di Kalimantan Tengah, di mana Prabowo sebagai komandonya. India selama ini merupakan salah satu produsen utama bidang pangan mulai dari beras hingga gula.

Sebelumnya, The Times of India, mengutip sumber, Selasa (28/7/2020) menulis Indonesia disebut akan membeli rudal supersonik BrahMos ke Indonesia.

Pembelian rudal ini disebut dibicarakan Menteri Pertahanan India Rajnath Singh dan Mentan RI Prabowo. Keduanya bertemu di New Delhi, Senin (27/7/2020). Namun sayangnya media ini tidak memberikan detail lebih lanjut soal kontrak dan kapan pembelian direalisasikan. Seperti diketahui Prabowo mengunjungi India untuk memperkuat kerja sama pertahanan bilateral. Ia juga datang untuk mengkaji pelaksanaan imbal dagang dengan India.

Apakah akan ada kerja sama India-Indonesia dalam pengembangan food estate? lihat saja nanti.