APLSI Ingin Menteri BUMN Baru Segera Tunjuk Dirut PLN Definitif

230

sironline.id, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baru Erick Thohir diharapkan segera menunjuk Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN definitif. Direktur Eksekutif Asosiasi Produsen Listrik Swasta (APLSI) Rizal Calvary Marimbo menilai PLN membutuhkan pucuk pimpinan yang tetap, karena banyak keputusan strategis perusahaan yang perlu segera diambil dan dipertanggungjawabkan. “Kalau Plt (pelaksana tugas) kan terbatas (kewenangannya). Tidak bisa mengambil kebijakan apalagi keputusan strategis. Sejak pertengahan tahun, sudah tiga pejabat Plt yang ditunjuk yakni Muhamad Ali, Djoko R Abumanan, dan terakhir Sripeni Inten Cahyani. Sudah cukup lama, PLN dipimpin oleh pelaksana tugas. Bila perlu yang muda agar out of the box,” terangya

Menurutnya, Kabinet Indonesia Maju saat ini perlu membangkitkan optimisme investor di sektor energi, serta mulai menerjemahkan visi Presiden Jokowi untuk menggairahkan investasi. “Kita serahkan ke pak menteri saja. Siapa saja kita siap bermitra dan membantu,” tambahnya.

Ia juga meyakini Erick Thohir dapat memperbaiki iklim investasi di industri kelistrikan, terutama mensinergikan dunia usaha dan BUMN. Erick Thohir yang pernah jadi investor dan berasal dari sektor swasta dinilai paham dalam melakukan pemeliharaan agar BUMN kelistrikan mampu bersinergi dengan dunia usaha.