More

    Nikmatnya Sajian Pasty ala Perancis yang Otentik

    BACA JUGA

    sironline.id, Jakarta – Jika Anda pecinta hidangan pastry dan bakery, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencicipi hidangan pastry ala Prancis. Sophie Authentique contohnya. Sophie, adalah nama pemilik Sophie Authentique yang memang berkebangsaan Prancis. Kenapa otentik? Karena semua roti dibuat secara hand made. Berlokasi di wilayah Kemang, Jakarta Selatan, tempatnya tidak terlalu besar, tapi terasa lebih homey, jikalau berbincang-bincang dengan keluarga ataupun rekan kerja. Hanya ada beberapa meja yang terdapat di dalam Sophie Authentique, termasuk hang chair.

    Beberapa kursi ditata dengan sentuhan warna biru putih dan aksen floral yang segar. Suasana ruang mungil sudah riuh dengan beberapa orang yang menikmati sarapan. Aroma kopi yang semerbak membuat saya semakin penasaran dengan cita rasa makanan serta kopi yang mereka sajikan.  Rupanya tak gampang untuk menentukan pilihan menu. Di lemari mungil berderet croissant whole wheat, chocolate, almond, brioche, galette, eclair, medeline, canele dalam dua ukuran dan vanila custard doughnut yang cantik membuat sulit menentukan menu mana yang akan saya pilih.

    Dari menu yang tertulis di papan tulis akhirnya saya mengawali sarapan dengan seporsi green salad, salmon quiche dan fresh carrot and lemon juice. Yang disajikan dalam porsi sedang berisikan lettuce, tomat, telur rebus dengan siraman french dressing dengan cita rasa yang kuat dari mustard dijon dan white wine vinegar. Taburan peterseli cincang yang berlimpah menebarkan aroma daun segar yang bikin makin semangat. Tekstur renyah lettuce, tomat, wortel dan mentimun beradu dengan saus asam segar. Telur rebus yang gurih dan empuk cocok rasanya menjadi isian salad ini. Tak terlalu mengenyangkan dan makin merangsang perut untuk makan yang lebih mantap.

    Menu makanan selanjutnya, saya mencicipi Salmon quiche yang disajikan dengan diameter sekitar 12 cm. Aroma gurih mentega tercium segar, teksturnya empuk dengan pinggiran pastry yang renyah sedikit keras. Potongan fillet salmon tersebar di dalam quiche. Adonan krim dan telurnya terasa gurih alami. Tidak hanya itu saya pun penasaran dengan menu Pear chocolate tart, tampil seperti pie buatan rumah. Permukaannya sedikit basah dengan bercak-bercak gosong dan kulit pastry yang renyah. Irisan pear yang legit renyah diselingi lelehan cokelat di bagian bawah. Wah, saya harus mengacungi jempol buat Sophie. Sesungguhnya saya bukan penyuka makanan manis, tetapi ketika mencicipi hidangan ini saya merasakan sesuatu hal yang sangat berbeda. Rasanya tak terlalu legit dan terasa manis alami pear yang dominan.

    Saya pun tak sanggup mengelak ketika sepotong Canele disajikan secara khusus untuk saya ketika datang ke Sophie Authentique, pastry ini merupakan khas dari Bordeaux. Dicetak silinder setinggi 4 cm dengan lekukan dikelilingnya. Warna cokelat gelap karamelnya menebar aroma gula dan mentega yang wangi menggelitik. Tekstur custardnya lembut dengan pori-pori tetapi bagian luarnya renyah lengket. Paduan yang sempurna untuk canele. Canele tersedia dalam ukuran kecil (4 cm) dan yang besar (8 cm). Pantas saja canele ini jadi favorit pengunjung. Jangan heran kalau sering kehabisan saat mampir ke sini.

    Mampir ke bakery Prancis tak lengkap tanpa mencicipi croissantnya. Bakery ini punya croissant polos, whole wheat croissant, almond dan pain au chocolat. Sekali sobek, terasa krenyes renyah pastry ini. Tekstur whole wheat terasa renyah gurih dengan rasa mentega yang tak berlebihan. Begitu juga dengan pain au chocolat yang renyah empuk dengan lelehan cokelat di dalamnya.

    Sophie Authentique Kemang Raya ini buka dari jam 8.00 WIB dan tutup 17.00 WIB. (maa)

     

    BERITA TERBARU

    Terinspirasi dari Alam, Seniman US Gelar Pameran Lukisan di Bali

    Jakarta, SirOnline.id - Seniman asal Amerika Serikat, Rom Yaari memukau khalayak melalui pemeran lukisannya yang terinspirasi dari alam. Mengusung tema...

    POPULER

    BERITA PILIHAN