Akbar Tanjung Berharap Ketum Baru Kembalikan Kejayaan Golkar

31
Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung usai menghadiri Sidang Tahunan MPR Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/08/2019)

Sironline.id, Jakarta – Perebutan posisi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar yang sedianya akan dilakukan Desember 2019 terus memanas. Meski masih lama, namun genderang perang sudah menggema dari beberapa calon ketua partai berlambang pohon beringin itu. Airlangga Hartarto, caketum petahana dan Bambang Susatyo adalah dua kandidat kuat yang paling menjadi pusat perhatian.

Menanggapi perebutan Ketum Golkar, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung menyebut kedua kandidat memiliki pendukung yang sama kuat. Namun ia mengatakan petahana memiliki banyak dukungan dalam persaingan perebutan kursi ketua umum partai tersebut.

Ia menegaskan banyak pihak yang secara terbuka memberikan dukungan kepada Airlangga untuk kembali menjadi ketua umum. “Yang saya ketahui dukungan petahana cukup tinggi di mana di beberapa tempat itu tampak secara terbuka,” ujar Akbar, Jumat (16/08/2019).

Namun Akbar akui rakyat menunggu hasil pasca Munas Golkar yang akan menentukan siapa Ketua Umum penerus tahta beringin itu. Akbar berharap kepada ketua umum selanjutnya untuk mengembalikan kejayaan Golkar. Menurutnya, Golkar sempat memenangkan Pileg 2004 terus mengalami penurunan jumlah suara dan jumlah kursi dari tahun ke tahun.

“Syukurlah terakhir ini Golkar masih dalam tiga besar, tapi turun. Ini yang membuat saya merasa sangat terpanggil bagaimana bisa kita menaikkan kembali suara Golkar,” tuturnya.

Seperti diketahui, pada Pemilu 2019, Golkar mengalami penurunan jumlah kursi dari 91 menjadi 85 kursi. Perolehan kursi di parlemen ini di juarai PDIP dengan 128 kursi dan Gerindra dengan 78 kursi. (D. Ramdani)