More

    Ajak Anak Menikmati Lari

    BACA JUGA

     

    Di zaman dengan kemajuan teknologi dan internet tanpa batas, sulit untuk meyakinkan anak-anak keluar dari rumah untuk menikmati udara segar. Kebanyakan dari mereka memilih diam di rumah dan bermain dengan gadget. Padahal, anak yang suka bergerak akan membawa kebiasaannya itu hingga mereka dewasa kelak.

    Membuat anak suka lari memang gampang-gampang sulit. Mungkin awalnya akan terasa susah membuat mereka beranjak dari gadget. Yang harus diyakini orangtua bahwa selain menyehatkan, olahraga bersama bisa memperkuat relasi dengan anak. Walaupun terdengar sulit untuk dilakukan, ada beberapa trik ampuh untuk mengajak anak ikut lari bersama orangtuanya.

    Pertama, jadikan lari sebagai permainan. Agar anak mau ikut berolahraga, jadikan “lari” sebagai permainan di akhir pekan. Ajak anak mulai berjalan santai sejauh beberapa kilometer. Jika sudah terbiasa, mereka dengan sendirinya akan berlari-lari kecil untuk mengikuti ritme orangtuanya.

    Kedua, mencoba tempat dan waktu yang berbeda. Setelah berhasil membuat anak mulai suka olahraga lari dalam beberapa minggu, pindah tempat lari untuk mengganti suasana. Berlari di tempat yang sama dapat membuat anak merasa bosan dan memilih untuk berhenti lari. Mencoba berbagai trek lari bisa membuat anak menjadi lebih semangat, sekaligus mengeksplorasi tempat baru.

    Ketiga, mengajarkan teknik berlari yang benar. Tidak hanya membuat suasana lari menyenangkan, orangtua juga harus mengajarkan cara lari yang baik dan benar. Tujuannya mengurangi risiko cedera atau nyeri setelah lari. Ajarkan teknik pernapasan, bagaimana posisi kaki berlari seharusnya, dan sebagainya.

    Keempat, ajak anggota keluarga lainnya. Biasanya anak-anak suka melakukan aktivitas bersama. Karena itu, jangan hanya ajak anak-anak, cobalah ajak seluruh anggota keluarga untuk berolahraga bersama. Jika berhasil, buatlah sebuah program olahraga agar mereka tetap rutin beraktivitas bersama, tidak hanya satu dua kali saja.

    Kelima, daftarkan anak ke program lari. Salah satu cara membuat anak suka olahraga lari adalah mengikutsertakan mereka ke program lari anak.  Selain menyehatkan, mereka juga dapat bertemu dengan anak-anak lain yang punya ketertarikan sama dengan olahraga lari. Banyaknya teman juga bisa memotivasi mereka untuk terus menekuni olaharaga ini.

    Sebagai permulaan, ajak anak mengikuti ajang Color Run Love Tour, lomba lari yang dipersembangkan CIMB Niaga dengan menciptakan kanvas warna-warni sepanjang 5 km. Berbeda dengan tahun lalu, kini di festival area ada Kids Zone yang menyajikan beragam permainan menarik bagi anak-anak di bawah usia 10 tahun. (Est)

     

     

     

    BERITA TERBARU

    Kasus Investasi Bodong, Doni Salmanan Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara

    Bandung, SirOnline.id - Berkas perkara kasus investasi bodong dengan tersangka Doni Muhammad Taufik atau yang dikenal dengan Doni Salmanan,...

    POPULER

    BERITA PILIHAN