Alihkan Perhatian Anak agar Tidak Rewel Saat Demam

16

Demam pada anak adalah kondisi ketika suhu tubuh anak melewati batas normal. Suhu tubuh anak lebih dari 37,2 derajat Celsius diukur dari ketiak, 38,8 derajat Celsius diukur dari mulut, atau 38,9 diukur dari dubur.

Saat demam, anak biasanya menjadi rewel dan tidak tenang. Jangan panik, karena orangtua yang panik justru akan membuat anak cenderung semakin rewel. Kondisi tersebut dikhawatirkan akan memunculkan trantum.

“Tenangkan anak. Saat rewel, sapa si kecil dengan lembut dan tenang. Lalu berikan sentuhan dan pelukan, dan alihkan perhatian dengan bercerita,” kata Jovita Ferliana, M.Psi, psikolog anak, saat peluncuran Hansaplast Cooling Fever di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Bila anak telanjur trantum, paling baik adalah memeluk anak dari belakang, untuk meredakan marahnya. “Peluk anak dari belakang selama beberapa saat, tanpa memarahi sampai reda trantumnya,” ujar Jovita.

Untuk meredakan demam, beri anak obat plester antidemam. Namun, bila demam tidak juga berkurang, paling baik adalah membawa anak ke dokter. (est)