Prabowo Optimistis Indonesia Bisa Buat Jet Tempur Sendiri

27
Menhan jadi pembicara pada Indo Defence
Prabowo Subianto dalam Konferensi Pers menuju Indo Defence 2022 Expo & Forum. (SirOnline/Tim Media Prabowo)

Jakarta, SirOnline.id – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto optimistis Indonesia dapat membuat pesawat jet tempur secara mandiri dalam lima tahun ke depan. Harapan itu diungkap Prabowo menyusul banyaknya kerja sama Indonesia dengan sejumlah negara terkait pesawat tempur.

“Makanya kita kerja sama dengan Korea, kita akan kerja sama dengan beberapa negara lain, kita nanti bisa berharap lima tahun lagi kita bisa punya fighters yang dibuat di Indonesia dengan cukup baik,” ujar Prabowo dalam Konferensi Pers menuju Indo Defence 2022 Expo & Forum di Kantor Kemhan, Jakarta Pusat, Kamis (27/10).

“Hanya teknologi yang sulit yang kita tidak bisa produksi seperti jet fighters kita, itu belum. Tapi insyaallah kita bisa bikin itu di Indonesia sendiri,” sambungnya.

Keyakinan Prabowo pada kemampuan anak bangsa bukan tanpa alasan. Contoh lain yang disampaikan Prabowo adalah sejumlah senjata perorangan yang diproduksi Indonesia dengan kualitas baik. Klaim ini pun terbukti dengan sepakterjang Indonesia yang selalu menjadi pemenang dalam kejuaraan di banyak kejuaraan, termasuk yang terselenggara dalam level kawasan Indo-Pasifik.

“Jadi di Australia ada satu pertandingan antara Angkatan Darat yang ada banyak negara, ada AS, Inggris, Selandia Baru, semua negara Asia, Vietnam, Korea, Jepang, Tiongkok. Indonesia juara umum 13 kali dalam 13 tahun, menggunakan senjata (buatan) PT Pindad,” jelas Prabowo.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan, Indonesia harus percaya pada kemampuannya sendiri. Selama memiliki kemauan, lanjut Prabowo, kemandirian memproduksi alutsista merupakan hal yang sangat mungkin dicapai.

Baca: Menhan Prabowo: Pemerintah Indonesia Terus Berupaya Bantu Palestina

“Jadi ini perlu kita harus percaya kemampuan kita, kemampuan kita tidak jelek kadang-kadang kita selalu kagum dengan semua yang serba luar negeri. Padahal buatan kita juga oke, mungkin tidak sekeren kelihatannya, mungkin agak lebih berat dikit tapi kenyataannya kita juara umum, jadi kita bisa kalau kita mau,” ucap Prabowo.

“Saya kira 3, 4, 5 tahun kita akan melihat suatu peningkatan yang lebih baik dari kemampuan anak-anak kita,” tutup Prabowo. (un)