Perkuat Kerja Sama Pertahanan, Menhan RI-AS bertemu di Washington DC

10
(sumber: twitter/SecDef)
(sumber: twitter/SecDef)

Amerika Serikat, SirOnline – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd J. Austin III di Gedung Pentagon, Washington DC, Amerika Serikat (AS), Kamis (20/10).

Dalam pertemuan tersebut, dibahas sejumlah isi bersama yang meliputi kerja sama bilateral dan kawasan kedua negara.

“Selaras dengan tujuan strategis untuk memajukan Indo-Pasifik yang lebih terhubung, sejahtera, aman, tangguh serta bebas dan terbuka,” kata Prabowo melalui keterangan resmi, Sabtu (22/10).

“Saya percaya untuk mencapai tujuan ini akan membutuhkan kerja sama dan partisipasi negara-negara Indo-Pasifik,” sambungnya.

Selain itu, kedua Menteri Pertahanan tersebut juga menekankan pentingnya kerja sama yang berkelanjutan di tengah dinamika keamanan regional yang kian kompleks.

Terkait niat tersebut, AS pun menyatakan akan terus membantu modernisasi militer Indonesia dan untuk memperkuat interoperabilitas antara AS dan Indonesia.

Tak hanya itu, Prabowo dan Austin juga membahas kemajuan signifikan dalam kerja sama pertahanan AS-Indonesia, termasuk perluasan latihan terbesar antara kedua negara, Super Garuda Shield.

Prabowo pun berharap kerja sama pertahanan antar kedua negara dapat terus terjalin dan berkesinambungan. (un)