Sabtu, 10 Desember 2022 | 13:16 WIB
More

    NasDem Resmi Deklarasi Anies Baswedan Jadi Calon Presiden

    sironline.id |

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – DPP Partai NasDem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) yang akan mereka usung di Pilpres 2024. Deklarasi diselenggarakan di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin, (2/10).

    Menurut Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh alasan dipilihnya Anies Baswedan lantaran NasDem membutuhkan pemimpin nasional yang kehadirannya mampu merespon segala tantangan zaman.

    “Pemimpin yang tidak hanya melanjutkan apa yang telah dicapai saat ini akan tetapi juga sanggup memberi harapan bagi rakyatnya. Pemimpin yang memiliki otoritas moral yang memadai, komitmen konstitusional, serta kapasitas pribadi dalam menjalankan tugas dan fungsi yang diemban,” ujar Surya Paloh saat sambutan deklarasi.

    Terkait dipercayai partai NasDem, Anies Baswedan yang turut hadir di deklarasi mengatakan sangat menghargai dan menerima pendeklarasian ini. Ke depan Gubernur yang sebentar lagi mengakhiri masa jabatannya ini akan membuat babak baru untuk perjalanan NasDem yaitu Nasional demokrat yang konsisten, semangat kematangan demokrasi, mengutamakan kepentingan negara.

    “NasDem mengajak untuk memperbaiki yang kurang dan menuntaskan yang belum. Kami terima dan bersiap menjalankan amanah. Walaupun begitu kami tetap tidak memiliki kesempurnaan namun saling bersama menopang, di masa selesai bertugas tepat dua minggu lagi sebagai Gubernur DKI, kami ersiap bangun kolaborasi yang solid. Niat baik keinginan luhur yang dimpikan,” Kata Anies.

    Sementara itu ketika disinggung soal siapa wakil presiden pendamping Anies, menurutnya berdasarkan kewenangan yang diberikan nanti ke depan akan ditentukan paling baik.

    “Partai NasDem memberikan wewenang sepenuhnya kepada saya untuk memilih wakil yang saya rasa cocok,” kata Anies. .

    Sebelumnya, Partai NasDem telah mengumumkan tiga nama bakal capres mereka setelah melaksanakan Rakernas pada medio Juni lalu. Tiga nama itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jendral Andika Perkasa sebagai bakal Capres.

    Baca: Kantongi Tiga Nama, NasDem Belum Putuskan Bakal Capres yang Diusung

    Dari tiga nama ini di kerucutkan dan terpilih Anies Baswedan. NasDem sendiri di pilpres 2024 tak bisa mengusung kandidat capres sendiri sebab, NasDem hanya meraih 9,05 persen suara pada Pemilu 2019. Syarat ambang batas pencalonan presiden yaitu memiliki 25 persen suara sah nasional atau 20 persen kursi di DPR. (rr)

    BERITA TERBARU

    Kalya Mahiya Ingin Budaya Indonesia Semakin Dicintai

    Jakarta, SirOnline.id - Semua orang menginginkan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Namun, tak banyak orang mau mengusahakan untuk...

    POPULER

    BERITA PILIHAN