Menlu: Indonesia Berkomitmen Bantu Pengungsi Palestina

11
Jessica Yiswi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (SirOnline/Jessica Yiswi)

Jakarta, SirOnline.id – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyatakan Indonesia tetap berkomitmen membantu pengungsi Palestina. Hal itu ia sampaikan dalam pertemuan tingkat menteri tentang United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) di New York, Kamis (22/9).

“Indonesia selalu teguh mendukung aktivitas UNRWA, yaitu badan PBB yang bertugas membantu pengungsi Palestina,” kata Retno, dikutip dari Antara, Sabtu (24/9).

Retno pun mengungkap keprihatinannya. Menurutnya, sikap internasional seperti tidak melihat nasib pengungsi Palestina sebagai hal yang harus segera ditangani.

”Padahal para pengungsi Palestina berhak menikmati hidup layaknya kehidupan yang kita jalani,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengajak dunia untuk berkerja sama membantu UNRWA yang kini menangani sekitar lima juta pengungsi Palestina. Menurutnya, dukungan kepada UNRWA merupakan bagian dari upaya solusi damai terhadap isu Palestina.

Retno mengungkap, setidaknya ada dua hal yang dapat dilakukan untuk membantu UNRWA. Pertama, mengatasi kendala keuangan UNRWA. Kedua, Retno menyebut perlunya memastikan bahwa UNRWA dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Baca: KontraS Sesalkan Pembentukan Tim PPHAM

Untuk yang pertama, Retno menyebut Indonesia selalu memberikan dukungan atas perpanjangan mandat UNRWA dan kontribusi keuangan.

“Untuk hal ini (bentuk bantuan nomor dua), Indonesia mendukung rencana Sekretaris Jenderal untuk meningkatkan anggaran UNRWA melalui kontribusi wajib,” katanya. (un)