Wamendes PDT Kunjungi Menhan Prabowo, Bahas Ketahanan Pangan Nasional

17
Kemhan RI - Wamendes PDT
(SirOnline/tim Media Prabowo)

Jakarta, SirOnline.id – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDT) Budi Arie Setiadi di Kantor Kementerian Pertahanan, Kamis (1/9).

Dalam pertemuan tersebut, Budi memaparkan sejumlah hal yang saat ini menjadi proyeksi strategis Kemendes dalam memulihkan kembali produktivitas daerah pedesaan menjadi lahan pertanian dan perternakan sebagai salah satu sumbangsih utama terhadap ketahanan nasional. Melalui program Desa Peternakan Terpadu, Budi berharap Indonesia dapat melangkah untuk meningkatkan ketahanan pangan di tanah air.

Ia menjelaskan, nantinya desa-desa yang memiliki potensi di sektor peternakan akan dikembangkan sebagai sentral-sentral penyedia daging seperti daging sapi, kambing, hingga ayam. Selain dikembangkan sebagai pusat peternakan, desa-desa tersebut juga akan dikembangkan sebagai pusat hortikultura.

Dengan adanya diskusi ini, baik Menhan Prabowo dan Budi Arie menyadari bahwa dibutuhkan kerja sama dan keterlibatan kementerian/lembaga lain. Seperti halnya Kementerian Pertahanan yang saat ini tengah mengembangkan food estate sebagai lumbung pangan nasional agar dapat memberikan dampak dalam upaya peningkatan ketahanan pangan Indonesia.

Baca: Tangan Dingin Menhan Prabowo, Jadikan TNI Lembaga yang Dipercaya Publik

Sebagai salah satu modal untuk mencapai sebuah ketahanan nasional yang mandiri dan berdaulat, Menhan Prabowo mengingatkan bahwa ketahanan pangan didapat dengan ketersediaan stok pangan yang mencukupi, keberagaman bahan dengan kandungan gizi yang cukup, kemajuan di bidang teknologi pertanian, serta akses dan stabilitas harga pasar. (nhn/sni)