Perkembangan Terkini Insiden Kapal KM Sida Rahayu, Nelayan Ikut Diminta Mencari Korban Tenggelam

9
ABK
(Sumber: Satpolair Karawang)

Karawang, SirOnline.id – Perkembangan terkini pencarian awak buah kapal (ABK) KM Sida Rahayu 3 di Laut Jawa, Kabupaten Karawang, sejumlah nelayan ikut dikerahkan untuk mencari korban.

Diketahui, delapan Awak Buah Kapal (ABK) hilang setelah Kapal Cumi KM Sida Rahayu 3 terbalik di Laut Jawa Kabupaten Karawang, Kamis (25/8) sekira pukul 22.00 malam.

Tim Pencari dan Penyelamatan serta pertugas dan relawan gabungan masih melakukan pencarian hingga hari ini Selasa (30/8).

KM Sida Rahayu 3 GT 30, terbalik di Perairan laut Jawa dengan koordinat  05 17’161″ S 107 48’498″E, wilayah administratif Pantai Sedari, Kabupaten Karawang.

Kejadian itu mengakibatkan delapan dari 14 ABK hilang. Sedangkan, ABK yang selamat dievakuasi untuk ditangani lebih lanjut.

Kepala Pelaksan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Karawang Yasin Nasrudin menuturkan, pihaknya telah menerjunkan 15 petugas gabungan dan memasang tenda di Pantai Sedari, Karawang.

Para petugas tersebut bermalam di sana selama pencarian korban kapal KM Sida Rahayu 3.

“Kami terjunkan 15 anggota dan 3 unit perahu speedboat, serta 2 unit mobil rescue untuk mencari korban di perairan Karawang. Semua anggota harus menginap di posko sampai pencarian selesai,” ujar Yasin dalam pernyataan resmi yang diterima, Selasa (30/8)

Yasin menyatakan, tim BPBD melakukan pencarian dengan menyisir perairan Karawang menggunakan tiga unit speedboat.

“Setiap pagi hingga sore tim bergerak mencari korban, kita sama-sama berdoa agar segera ditemukan,” kata dia.

Terpisah, Kasat Polairud Polres Karawang AKP Adis Iskandar mengatakan, untuk meningkatkan pencarian, nelayan Karawang diminta bantuannya untuk ikut mencari korban.

“Mereka (nelayan) kami informasikan tentang kecelakaan yang dialami KM Sida Rahayu 3, agar ikut mencari korban yang belum ditemukan,” ujar AKP Adis.

Adis menuturkan, nelayan Karawang yang sedang melaut diminta melaporkan jika menemukan korban yang saat ini masih dinyatakan hilang.

Baca: 2 Kapal Tempur Militer AS Melintas di Selat Taiwan, Cina Langsung ‘Dag Dig Dug’

“Intinya nelayan dilibatkan sambil mereka mencari ikan di perairan Karawang,” kata dia.

Ia mengaku, tim telah melakukan pencarian korban mulai dari perairan Pasir Putih Cilamaya, Sungai Buntu, Cemarajaya, Sedari, Tambak Sumur dan Betok Mati.

Selama pencarian tersebut belum terlihat tanda-tanda ditemukannya korban kapal KM Sida Rahayu 3 yang masih dinyatakan hilang. (irv)