Buntut Penembakan Mantan PM Shinzo Abe, Kepala Polisi Jepang Mengundurkan Diri

13
Kepala Badan Kepolisian Nasional Jepang Itaru Nakamura
Kepala polisi jepang Itaru Nakamura. (Sumber: VOA)

Jepang, SirOnline.id – Buntut penembakan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Kepala Badan Kepolisian Nasional Jepang Itaru Nakamura mengumumkan pengunduran dirinya pada hari Kamis (25/8).

Dia diketahui, mengundurkan diri setelah penyelidikan mengonfirmasi kurangnya keamanan saat kejadian pembunuhan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Seperti diketahui, Perdana Menteri terlama di Jepang itu ditembak saat menyampaikan pidato pada tanggal 8 Juli 2022 di Kota Nara, Jepang barat.

“Ada kekurangan dalam rencana keamanan dan penilaian risiko yang menjadi dasarnya, dan arahan dari komandan lapangan tidak cukup,” kata Nakamura dikutip dari laman Channel News Asia, via Bisnis Indonesia, Jumat (26/8).

Nakamaru menuturkan bahwa, akar masalah tersebut terletak pada keterbatasan sistem saat ini, yang telah berlangsung selama bertahun-tahun, di mana polisi setempat bertanggungjawab penuh untuk memberikan keamanan.

Baca: Bertekad Pertahankan Kemerdekaan, Ini Kata Presiden Pada Rakyat Taiwan

Nakamura juga mengatakan bahwa, dia akan bertanggungjawab atas kegagalan tersebut, dan mundur dari jabatannya sebagai kepala polisi di Negeri Sakura.

“Kami telah memutuskan untuk menggoyahkan personel kami dan memulai kembali tugas keamanan kami, dan itulah mengapa saya mengajukan pengunduran diri saya kepada Komisi Keamanan Publik Nasional hari ini,” pungkasnya. (irv)