Warga Indonesia Antusias Sambut Kedatangan Eks Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla

13
Luis Milla
Luis Milla saat menukangi Timnas Indonesia. (Sumber: PSSI)

Jakarta, SirOnline.id – Warga Indonesia di media sosial antusias menyambut kedatangan Eks pelatih Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia asal Spanyol Luis Milla yang kembali ke Indonesia untuk melatih klub lokal asal Bandung, Persib.

Sambutan ini terlihat dari kolom komentar mereka baik itu di akun Instagram resmi Persib Bandung hingga akun Luis Milla sendiri.

“Welcome back to Indonesia Coatch,” tulis akun @Ihamdi19 seperti dikutip dari akun instagram @luismillacoach, Sabtu, (20/8).

Selain warga, sambutan juga datang dari beberapa pesepakbola tanah air diantaranya Striker naturalisasi asal klub Bali United Ilija Spasojevik dan striker lokal asal klub PSIS Semarang, Septian David Maulana.

“Bienvenido (selamat datang) Mister,” tulis Spaso.

Sementara itu dilansir dari Okezone, Luis Milla sendiri bukan nama sembarangan di Spanyol. Sebagai pemain, dia pernah membela dua klub terbesar di Negeri Matador, yaitu Real Madrid dan Barcelona.

Selain Madrid dan Barcelona, Luis Milla juga pernah bermain untuk Valencia. Secara keseluruhan, Luis Milla meraih delapan trofi. Sebanyak empat trofi diraih bersama Madrid, tiga didapatkan dengan Barcelona, dan sisanya direngkuh dengan lambang Valencia di dada.

Meski paling sedikit meraih trofi bersama Valencia, klub itulah yang menjadi pelabuhan terakhir Luis Milla. Pada juli 2001, ia memutuskan gantung sepatu bersama tim berjuluk El Che tersebut.

Usai gantung sepatu, Luis Milla berprofesi sebagai juru taktik. Luis Milla pernah menangani Timnas Spanyol U-20 dan U-19. Saat itu, Luis Milla bisa mengantarkan Thiago Alcantara dkk mencapai final Piala Eropa U-19 2010. Namun, Luis Milla gagal menjadi juara. Sebab, Spanyol U-19 kalah tipis 2-1 dari Prancis yang keluar sebagai juara ajang bergengsitersebut.

Meski gagal, Luis Milla justru naik kelas dengan melatih Spanyol U-21. Dia pun membayar kegagalan sebelumnya dengan membawa Spanyol U-21 juara Piala Eropa U-21 2011.

Baca: Tenis ITF M15 Jakarta : Tole Tantang Imai di Semi Final

Riwayat kepelatihan Luis Milla di Timnas Indonesia dimulai sejak tahun 2017. Lusi Milla menjadi juru taktik Timnas Indonesia U-23 dan senior sejak 2017 hingga 2018. Dia mampu membuat Timnas Indonesia bermain cantik, tetapi belum bisa memberikan trofi.

Prestasi terbaik Luis Milla adalah menyegel medali perak SEA Games 2017 bersama Timnas Indonesia U-23. Sementara itu, Luis Milla hanya mampu mengantarkan Timnas Indonesia hingga babak 16 besar ASIAN Games 2018. Setelah absen melatih sejak 2018, Luis Milla comeback dengan menukangi Persib Bandung. Luis Milla dikontrak selama satu musim dengan opsi diperpanjang kontrak hingga dua atau tiga musim. (rr)