Senin, 8 Agustus 2022 | 07:57 WIB
More

    Lewati Syarat Ketat, Lima Produk UMKM Asal NTT Tembus Pasar Australia

    BACA JUGA

    Jakarta, SirOnline.id – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) NTT Bobby Liyanto menyebut lima produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni Cokelat Gaura, La Moringa, Biskuit Sorgum, Kelor Full Mamage dan Timor Moringa tembus pasar Australia.

    “Iya betul, baru lima ini lolos kurasi dan diterima di pasar Australia,” ujar Bobby dikutip dari Kompas, Sabtu, (30/7).

    Menurut Bobby, tidak semua produk UMKM asal NTT yang bisa masuk ke Australia. Sulitnya menembus pasar Australia lantaran syaratnya yang sangat ketat.

    Bobby mencontohkan, produk yang bisa masuk ke Australia harus dikemas dengan tulisan berbahasa Inggris, barcode-nya harus standar internasional dan juga harus lolos uji nutrisi internasional.

    “Jadi sebelumnya, mereka harus tes dulu produk kita. Kalau mereka mau baru dikirim,” ungkap Bobby.

    Dari segi kuantitas produk, lanjut Bobby, diakui yang dibawa masih sedikit. Namun, yang menjadi substansinya adalah produk NTT bisa diterima di luar negeri. Itu artinya Kadin ingin agar UMKM asal NTT bisa menembus pasar dunia.

    “Saya berharap bahwa ini memberikan semangat kepada teman teman pengusaha UMKM lainnya, bahwa produk kita bisa diterima di luar negeri,” ujar Bobby.

    Baca: 19 Delegasi Internasional G20 Tertarik dengan Produk Daun Kelor dari NTT

    Kadin lanjut Bobby, mau mendorong produk UMKM NTT supaya terkurasi baik, agar bisa memenuhi standar internasional.

    “Ini sebenarnya memberikan satu semangat dan menunjukan bahwa kita NTT pun bisa. Dengan kita lakukan begitu maka UMKM kita sebenarnya sudah kita bisa ekspor,” ujar Bobby. (rr)

    BERITA TERBARU

    Indonesia Incar Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

    Jakarta, SirOnline.id - Indonesia mengincar status tuan rumah Olimpiade 2036. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkap, keinginan...

    POPULER

    BERITA PILIHAN