Inilah 10 Kuliner Andalan Sleman

70

Sironline.id – Setiap wisatawan akan mempunyai tujuan yang berbeda saat berwisata, ada yang ingin memanjakan mata dengan mencari foto, belajar budaya setempat, belanja souvenir lokal, menikmati alam sekitar dan memanjakan lidah dengan citarasa resep lokal..

Wisata Kuliner (Gastronomi) menjadikan sesuatu yang sangat penting dan dinanti saat berlibur. Tahun 2021 ini menjadi tahun kedua untuk tidak mudik. Larangan ini dimaksudkan untuk menekan penularan COVID-19. Namun demikian bukan berarti tanpa mudik, jalinan silaturahmi menjadi terputus. Kemajuan teknologi, utamanya teknologi informasi dan komunikasi, memungkinkan suasana mudik tetap dapat dirasakan, tanpa harus memaksakan diri untuk bertemu secara langsung.

Sate Kelinci Kaliurang

Pemanfaatan aplikasi meeting online seperti google meet, zoom, skype  dan lainnya yang sudah sering digunakan pada saat pembelajaran jarak jauh. Selain aplikasi tersebut, alternatif silaturahmi dengan keluarga yang dapat dipilih adalah dengan membeli produk lokal yang ada di daerah Sleman dan mengirimkannya dalam bentuk bingkisan untuk keluarga atau disajikan untuk di rumah. .Sleman kaya akan citarasa, menu lokal tapi dapat dinikmati oleh siapapun.

Pada kesempatan kali ini Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman akan me-highlight 10 menu Kuliner Sleman untuk dapat disajikan di rumah Anda masing-masing atau dikirimkan ke saudara dan sahabat Anda diantaranya Kripik Belut, Jadah Tempe, Soto Bathok Sambisari,  Sate Kelinci Kaliurang, Bebek Bacem Pasar Ngino, Mangut Belut, Ayam Goreng Kremes Kalasan, Salak Pondoh, Wajik Kaliurang dan Bebek Slenget.

10 Menu Kuliner Khas Sleman diatas dapat menjadi alternatif kuliner saat Lebaran Tahun 2021 untuk di rumah saja.

Dengan memanfaatkan aplikasi ekspedisi yang ada, Anda yang kebetulan tidak bisa mudik dan jauh dari Sleman, tapi tetap ingin bersilaturahmi dan berbagi kebahagiaan di lebaran 2021 ini, tak ada salahnya mencoba mengirimkan makanan kesukaan orang tua, saudara atau keluarga Anda di Sleman, atau diluar Sleman sebagai bingkisan lebaran pengganti kehadiran Anda di tahun ini.

“Kita tidak melarang untuk mudik, tapi mudik tahun ini secara virtual dulu tahun ini, dan kita bisa belanja kuliner khas Sleman untuk diri sendiri, atau mengirimkan untuk keluarga ataupun kolega dan sahabat. Dengan memesan kuliner Khas Sleman di Sleman, hal ini akan mengobati rasa rindu kita akan Sleman atau Jogja,” ucap Dra. Suci Iriani Sinuraya M.Si, M.M., Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. (des)