5 Tips Merawat Sepatu Bola Ortuseight

528

Jakarta-Apakah kamu sering menghadapi masalah dengan sepatu yang sangat cepat rusak? Mungkin bisa saja kamu memang tidak merawatnya dengan benar dan tidak baik, bukan karena kualitas sepatu yang jelek.

Sepatu sendiri merupakan salah satu perlengkapan olahraga yang tergolong penting. Termasuk saat bermain bola, memiliki beberapa sepatu bola membuat Kita perlu mengetahui tata cara merawat serta membersihkannya secara tepat.

Nah, bagi kalian yang bingung bagaimana cara merawat sepatu sepakbola Ortuseight agar tetap awet, maka wajib kalian membaca artikel yang tepat. Berikut ini tips untuk merawat sepatu sepakbola dengan cara baik dan benar :

1. Gunakan sikat yang lembut
Hendak mencuci sepatu sepakbola kesayangan dahulukan melepaskan semua tali sepatunya dan mengambil kotoran lumpur yang menempel.

Kamu dapat menggunakan sikat gigi yang bertekstur lembut misalnya sikat gigi bayi karena menggunakan sikat yang kasar jelas akan merusak bahan sepatu kamu.

Kamu hanya perlu menyikat sepatu secara searah untuk mengurangi gesekan pada kulit sepatu dan juga jangan menggosok terlalu keras dan terlalu menekannya.

2. Jangan merendam sepatu
Jika sepatu kamu memang sangat kotor setelah memakainya dan berniat untuk mencuci sepatu sepakbola itu daripada hanya sekadar menyikatnya, maka hal yang perlu kamu ingat adalah jangan menggunakan deterjen atau sabun biasa.

Pakailah sabun dengan bahan dasar yang aman seperti sabun bayi yang memiliki kandungan yang lembut. Selain itu kamu juga harus ingat bahwa sepatu sepakbola tidak boleh direndam di dalam air.

Segeralah cuci atau bersihkan kotorannya, jangan ditinggal terlalu lama karena jika direndam, bahan sepatu akan mudah mengelupas sama seperti jenis sepatu lainnya.

Hal yang paling tidak boleh dilakukan adalah jangan mencuci sepatu sepakbola kamu di dalam mesin cuci.

3.  Hindari Cahaya Matahari Langsung

Untuk mengeringkan sepatu yang selesai dicuci, cukup diangin-anginkan ditempat yang sejuk.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah menjemurnya langsung di bawah panas matahari. Bila kamu memang ingin sepatu cepat kering maka hal yang perlu kamu lakukan hanya menggunakan kipas angin dan menambah kecepatan kipas angin bukan mengeringkannya langsung di bawah panas matahari karena akan membuat sepatu cepat rusak.

Selain diangin-anginkan, mengeringkannya juga dapat dengan dilap menggunakan kain lembut yang gampang menyerap air seperti bahan handuk.

4. Gunakan Kaos Kaki
Ini penting, kamu wajib memakai kaos kaki ketika menggunakan sepatu sepakbola. Bukan hanya karena kaos kaki dapat membantu menyerap keringat dari kakimu namun juga menjaga agar kakimu nyaman di dalam sepatu sepakbola tersebut.

Bila kamu membiarkan kaki berkeringat di dalam sepatu tanpa menggunakan kaos kaki maka dapat dipastikan sepatu menjadi bau bahkan muncul jamur yang mengganggu.

Jamur yang muncul dapat menyebabkan bahan sepatu menjadi lebih cepat rapuh dan rusak.

5. Miliki Lebih dari satu sepatu
Jika kamu termasuk orang yang cukup sering menggunakan sepatu sepakbola maka kamu perhatikan intensitas penggunaannya terutama bagi kamu yang memang seorang atlet sepakbola.

Bila demikian maka sebaiknya kamu memiliki beberapa pasang sepatu lain sebagai pengganti atau cadangan. Sediakan setidaknya 2-3 pasang sepatu sebagai pengganti.

Satu tips lagi yang perlu kamu perhatikan dan jangan sampai lupa adalah menyimpan sepatu sepakbola. Kamu tidak boleh menyimpan sepatu sepakbola kamu secara sembarangan.

Cara terbaik menyimpan sepatu sepakbola adalah dengan meletakkannya di tempat yang sejuk dan juga memiliki cukup pencahayaan matahari.

Cahaya matahari tetap diperlukan demi menghindari kelembaban dalam sepatu sepakbola tersebut dan menghindari hewan, khususnya semut yang terkadang suka mengigit bagian sepatu terutama sepatu berbahan PU Sintetis sangat rentan digigit oleh semut.

Oleh sebab itu bahan PU Sintetis sebaiknya disimpan diruangan dengan cahaya matahari yang cukup.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menjaga agar sepatu sepakbola Ortuseight kamu tetap awet dan tahan lama.