Food Estate di Kawasan Kalimantan Tengah Siap Digarap Bulan Oktober Mendatang

35

SIRONLINE.ID, Jakarta – Pemerintah memastikan proyek pembangunan food estate di kawasan Kamimantan Tengah akan mulai digarap bulan Oktober mendatang.

Proyek yang dipercayakan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, akan mulai dibangun pada lahan 32 ribu hektar, dari rencana 165 ribu hektar food estate untuk tanaman padi.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan dari 32 ribu hektar lahan yang digarap pembangunan fasilitasnya, 30 hektar berada di wilayah Belanti dan sisanya 2 ribu hektar di Dadahup.”Seperti yang dulu disampaikan yang padi 165 ribu akan mulai kita kerjakan pada bulan Oktober ini. Dalam arti 32 ribu, 30 ribu di kawasan Belanti, 2 ribu di kawasan Dadahup,” katanya kepada wartawan, Selasa (1/9/2020). Lanjutnya, ia mengatakan sisa dari 133 ribu hektar kawasan lainnya akan bertahap dibandung pada 2021. Kemudian, ia berharap di akhir 2021 pemerintah sudah bisa melakukan penanaman pada kawasan food estate.

“Selanjutnya 165 ribu dikurang 32 ribu. Jadi 133 ribu akan kita lanjutkan nanti di 2021, sehingga akhir 2021,165 ribu kawasan food estate untuk padi selesai dikerjakan fisik. Kemudian, kita mulai tanam full di 2021 dan seterusnya,” ujar Basuki.

Sambung dia, “Untuk tanaman padi dimulai perbaikan saluran irigasi dan perbaikan jalan-jalan masuknya, atau aksesibilitas kita ke kawasan food estate tersebut,” sebut Basuki.

Selain itu, untuk food estate yang kedua akan diarahkan menanam singkong, dengan total 60 ribu hektar, dan akan digarap fasilitasnya 30 ribu hektar tahun ini.

“Kemudian yang kedua food estate yang singkong di Gunung Mas, Pulang Pisau, Kapuas, dan Murung Raya seluas 60 ribu hektar. Tahun 2020 ini akan dimulai 30 ribu hektar di Gunung Mas, Pulang Pisau serta Kapuas,” katanya.

(mdp)