Seluruh DPD Bulat, Dukung Prabowo Ketum Gerindra Lagi

5

Sebanyak 21 DPD tingkat provinsi telah menggelar rapat pimpinan daerah (rapimda) yang menghasilkan rekomendasi calon ketua umum Partai Gerindra. Salah satunya disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Abdul Wachid yang mengatakan telah menggelar rapimda yang diikuti 35 DPC di Jawa Tengah.

Hasilnya mereka sepakat mendukung kembali Prabowo di rapat pimpinan nasional yang akan digelar tahun ini. “Dari hasil Rapimda bahwa Partai Gerindra di Jateng mulai DPD, DPC, PAC sampai ranting tetap usulkan Bapak Haji Prabowo Subianto sebagai calon ketua umum dan ketua dewan pembina Partai Gerindra masa bakti 2020-2025,” jelasnya di kantor DPD Gerindra Jateng, Semarang, Minggu (08/03/2020).

Wachid menjelaskan, Prabowo adalah pendiri partai dan selama kepemimpinannya Gerindra menjadi partai yang besar bahkan kedua secara nasional. Dukungan itu diperkuat dengan penandatanganan berita acara yang dilakukan Ketua DPD Gerindra Jateng, “Pak Prabowo satu-satunya yang memberikan arah dan tujuan baik misi visi partai, beliau yang bimbing kami,” tegasnya.

Bulatnya dukungan Dewan Perwakilan Dearah Partai Gerindra mendorong Prabowo Subianto kembali duduk sebagai ketua umum saat kongres, diperbolehkan dalam anggaran dasar/anggaran rumah tangga partai. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan bila ada masukan dari struktur di bawah dari tingkat pimpinan daerah sampai pimpinan cabang di beberapa provinsi yang kemudian mendukung Prabowo untuk menjadi ketua umum lagi itu sah-sah saja dan dijamin UU.  “Semua yang sudah melaksanakan rapimda mengeluarkan rekomendasi mendukung kembali Pak Prabowo menjadi Ketua Umum Partai Gerindra ke depan,” katanya di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/03/2020).

Menurutnya hingga saat ini belum ada DPD Gerindra yang mengeluarkan rekomendasi untuk calon lain. Ia membantah Sandiaga Uno yang mengklaim sudah mendapat dukungan dari beberapa pimpinan di daerah untuk menjadi calon ketua umum. Dasco menjelaskan dukungan resmi menjadi ketua umum disampaikan secara berjenjang mulai dari anak cabang hingga tingkat pusat. Wakil Ketua DPR RI ini mengklaim semua daerah mendukung Prabowo Subianto untuk menjadi ketum lagi.

Seperti diketahui beberapa waktu lalu beredar kabar ada permintaan sejumlah DPC agar Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno menjadi calon ketum dalam kongres Partai Gerindra. “Saya menghormati Sandi jika memang benar mendapat dukungan seperti yang diklaim. Namun sampai saat ini hanya nama Prabowo yang secara resmi diusung pimpinan Gerindra di berbagai daerah,” tegasnya.

Dasco mengakui Prabowo belum merespons dukungan dari pimpinan daerah tersebut. Namun ia yakin aspirasi para kader akan diperhatikan oleh Prabowo. Wakil Ketua DPR RI itu mengatakan Prabowo akan siap menerima amanat untuk kembali memimpin Gerindra meski belum ada sikap resmi yang disampaikan Prabowo. “Kami belum pernah tanya sama Pak Prabowo dan Pak Prabowo juga belum pernah bilang. Tapi rasa-rasanya pendapat struktur partai akan diperhatikan,” ujarnya.

Dasco mengaku hingga saat ini belum mengetahui dinamika yang berkembang menjelang kongres Partai Gerindra yang akan digelar pada 2020. “Kongres Gerindra itu belum tentu tanggal dan bulannya, tapi tahun ini yang pasti. Ya kita enggak tahu dinamika politik. Kita lihat saja nanti,” tuturnya.

Senada dengan Dasco, sebelumnya Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyatakan Prabowo akan maju kembali sebagai caketum. Menurutnya, tidak ada caketum lain di Kongres Partai Gerindra. “Enggak. Enggak ada calon lain. Insya Allah hanya Pak Prabowo yang akan maju. Saya kira kalau itu kami (kompak). Tidak ada beda pendapat,” kata Muzani di DPR, Senayan, Jakarta.

Namun, ia belum menjelaskan secara terperinci mengenai jadwal kongres partai. Pelaksanaan kongres akan diputuskan melalui rapat DPP dan DPD Gerindra. “Ya tahun 2020 ini. Waktu dan tempat akan kami rapatkan dengan pimpinan-pimpinan daerah. Akan kami lakukan rapimnas untuk memutuskan pelaksanaan kongres,” tutur Muzani.

Wakil Ketua Umum Gerindra lainnya, Fadli Zon mengatakan, seluruh kader Partai Gerindra berharap Prabowo kembali menjadi ketua umum. Oleh karena itu, ia yakin tidak ada ketua umum baru di Partai Gerindra. “Jadi saya yakin apa Pak Prabowo yang akan memimpin Gerindra kembali untuk periode berikutnya,” ujar dia.

Lebih lanjut, Fadli mengatakan, dipilihnya Prabowo sebagai Ketua Umum Partai Gerindra untuk mempersiapkan Pemilu 2024. Ia mengakui bahwa ke depannya Partai Gerindra ingin kader terbaiknya berada di posisi eksekutif. D. Ramdani