Dapat Dukungan Demokrat, Gibran Optimis Tunggu Restu Megawati

3

Sironline.id, Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya merestui DPC Partai Demokrat di Kota Solo untuk mendukung calon Walikota Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020. Terkait itu, putra sulung Presiden Jokowi ini mengucapkan terima kasih pada SBY yang disampaikan secara lisan ke Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah, Rinto Subekti.

“Terima kasih untuk dukungannya,” ujar Gibran Selasa (04/02/2020).

Meski mendapat banyak dukungan, Gibran memilih untuk menunggu keputusan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan. Seperti diketahui, Gibran Rakabuming Raka, saat ini tengah menanti diumumkannya nama yang direkomendasikan oleh Megawati Soekarnoputri untuk Pilkada Solo 2020.

“Tunggu nanti dulu saja, tunggu rekomendasi dulu. Saya menyambut baik semua dukungan, baik itu dari semua partai, dari semua simpul relawan, warga atau siapapun itu,” ungkap Gibran.

Gibran mengaku sudah menyimpan soft copy pidato Megawati Soekarnoputri. Nantinya, pidatonya Ketum PDIP di Rakernas dan saat berpidato di Jepang akan dijadikan sebagai pegangan Gibran menghadapi Pilkada Solo 2020.

“Banyak sekali pidatonya Bu Mega. Nilai-nilai Pancasila dan gotong royong, sudah banyak yang saya simpan. Itu buat pegangan saya,” ujarnya.

Gibran mengaku semakin optimistis menanti pengumuman keputusan rekomendasi dari PDI Perjuangan. Sembari menunggu, Gibran berujar dirinya optimis seraya tetap melakukan rutinitasnya, salah satunya yaitu blusukan. Gibran berujar, sudah komitmen menghormati apapun keputusan partai soal rekomendasi dan akan membantu pasangan calon terpilih.

“Saya juga sudah komitmen kalau misalnya itu tidak turun ke saya, sudah komitmen akan membantu partai, siapa pun itu yang terpilih,” ujar Gibran Rakabuming.

Ketua DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto menegaskan DPC Solo telah sepakat untuk mendukung Gibran. “Dukungan ke Mas Gibran sudah bulat dan dapat izin dari DPD, sejak tiga bulan yang lalu dan kami sudah instruksikan dan sosialisasikan ke seluruh pengurus dan sudah dijalankan,” tambahnya.

Menurutnya, jika pengurus dan kader tidak mematuhi keputusan DPP Partai Demokrat, maka berpotensi dipecat.”Kalau pengurus di setiap tingkatan wajib untuk menjalankan Keputusan DPP Partai Demokrat, kami DPC mengamankan,” imbuh Supriyanto. D. Ramdani