Keindahan Pulau Samosir Menyihir Wisatawan

2

Samosir – Panorama alam Pulau Samosir, Sumatera Utara tidak terelakkan lagi. Anda dapat terhipnotis oleh sebuah pulau vulkanik nan indah yang dikelilingi oleh Danau Toba yang merupakan danau terbesar di Asia Tenggara. Udara sejuk dan segar selama berada di pulau ini menjadi alasan wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung.

Wisata yang ditawarkan Pulau Samosir adalah danau di Pulau Samosir yang terdapat di tengahnya, yakni Sidihoni, Aek Natonang, dan Aek Parohan. Tiga danau ini terletak di ketinggian 1.300 mdpl.

Masyarakat setempat menyebutnya danau di atas danau, karena letaknya yang berada di tengah Danau Toba. Jangan lupa juga untuk datang ke air terjun di Pulau Samosir yaitu air terjun Efrata, Limbong, Sitapigagan, Sigarantung, dan Naisogop.

Bukan hanya bentang alam yang indah, pulau seluas 630 km2 ini juga menghadirkan budaya dan adat istiadat yang memukau, Anda juga akan disuguhkan wisata sejarah yang masih terasa nuansa kebudayaannya. Beberapa diantaranya seperti menyaksikan pertunjukan Sigale-gale di Tomok, berkeliling Museum Huta Bolon, mengunjungi Makam Raja Sidabutar, serta keunikan Batu Parsidangan.

Apabila Anda melihat sekeliling, akan tampak seolah tiap jengkal tepi pulau Samosir Sumatera dipagari oleh jernihnya perairan Danau Toba yang begitu luas. Sungguh menakjubkan! Masih belum cukup? Anda bisa berkelana sejenak di Goa Marlakkop, bersantai di pemandian air panas, dan masih banyak lagi.

Akses ke Pulau Samosir

Pulau Samosir terletak di Sumatera Utara, berada tepat di tengah Danau Toba. Apabila Anda berangkat ke Medan menggunakan pesawat terbang, maka perjalanan dari Bandara Silangit menuju Pulau Samosir akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat menuju Prapat untuk melanjutkan menggunakan kapal.

Sesampainya di lokasi, kepenatan Anda akan dibayar dengan kesempurnaan pemandangan alam yang dimiliki Samosir. (PH)