Bambang Soesatyo Mantan Wartawan dan Pengusaha yang Terpilih jadi Ketua MPR RI 2019-2024

9
Bambang Soesatyo Mantan Wartawan dan Pengusaha yang Terpilih jadi Ketua MPR RI 2019-2024

 

Sironline.id, Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dari Partai Golkar, terpilih secara aklamasi pada rapat paripurna yang dihadiri 647 wakil rakyat Kamis (03/09/2019). Sebelum menjabat sebagai Ketua MPR, Bamsoet begitu ia disapa menjabat sebagai Ketua DPR RI menggantikan Setya Novanto yang tersandung masalah hukum. Dalam pidato perdananya sebagai Ketua MPR, Bambang mengajak agar semua pihak menjadikan MPR sebagai rumah kebangsaan. Menurutnya, MPR harus menjadi wadah membicarakan persoalan strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Karirnya dimulai sebagai wartawan hingga menjadi Pemimpin Redaksi Majalah Info Bisnis dan Harian Umum Suara Karya serta Komisaris Radio ONE 101.25 FM Jakarta. Ia juga pernah menjadi dosen Sekolah Tinggi Ekonomi & Keuangan Perbankan Indonesia (Stekpi).

Pria kelahiran 10 September 1962 ini pernah menjabat posisi direktur di PT Kodeco Timber dan PT SIMA, Komisaris Utama di PT Mapindo Mulathama, PT Infobec Pena Utama dan PT Dasa Kharisma Promosindo. Selain itu, peraih Penghargaan Top Eksekutif Indonesia pada 1996 ini sempat menjabat menjadi Direktur Utama di sejumlah perusahaan seperti PT Gapura Utama Ekacipta, PT Kepindo Info Link, PT Info Jaya Abadi dan PT Info Persada Laksana Citra (IPLC).

Bambang Soesatyo juga menjadi Pimpinan Umum Majalah HMI Cabang Jakarta, Wakil Sekretaris Koordinasi Komisariat HMI Universitas Jayabaya, Wakil Sekjen PB HMI, Ikatan Pers Mahasiswa, serta Ketua Umum Organisasi Mahasiswa Mapussy Indonesia.

Bamsoet masuk Partai Golkar tahun 2008 hingga dipercaya menjabat Wakil Bendahara Umum DPP. Pemilu 2009, Bamsoet lolos ke parlemen dan duduk Komisi III dan Badan Anggaran. Ia aktif di Pansus Angket Bank Century hingga ia menulis buku Skandal Century di Tikungan Terakhir Pemerintahan SBY-Boediono.

Pada periode 2014-2019, Bamsoet menjabat Ketua Komisi III hingga menggantikan posisi Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI pasca rekan sejawatnya di Golkar menjadi tersangka korupsi e-KTP dan ditahan KPK. Bamsoet yang sempat berkompetisi dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar yang akan dipilih pada Munas Golkar Desember 2019. Namun kompetisi yang sempat memanas ini mereda pasca Golkar memutuskan dan mengajukan Bamsoet sebagai Ketua MPR RI.

Bamsoet dikenal sebagai politikus tajir. Menurut data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilansir laman e-LHKPN, ia memiliki kekayaan senilai total Rp98,01 miliar. Data ini berdasarkan LHKPN yang disetorkan oleh Bamsoet pada Maret 2019 untuk periode pelaporan 2018. Harta Bamsoet didominasi tanah dan bangunan di Jakarta dan sejumlah kota lain, senilai Rp71,2 miliar.

Selain itu, ia mempunyai belasan kendaraan mewah bernilai Rp18,5 miliar. Ia mengoleksi mobil motor Harley Davidson, mobil Toyota Vellfire, Land Rover, Ferrari, Tesla, Hummer H2 Jeep, Mercedes Benz, Rollsroyce Phantom hingga Lamborghini. Nilai harta Bamsoet pada 2018 itu melonjak Rp30-an miliar jika dibandingkan data 2016. Bamsoet hobi mengoleksi mobil mewah seperti dipajang di akun instagram miliknya.