Menikmati Menu Makanan Rumah di FEAST by Kokiku

7

sironline.id, Jakarta – Tradisi sharing atau berbagi makanan bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia. Rasa kebersamaan dan keakraban yang muncul membuat kebiasaan tersebut dianggap seru dan asyik untuk dilakukan. Umumnya menu makanan rumahan menjadi hidangan yang paling dirindukan oleh semua orang. Sibuknya aktifitas membuat warga Jakarta lebih sering menyantap sajian cepat saji. Terlepas dari cara pembuatannya yang istimewa karena dibuat langsung oleh ibu, menyantap makanan rumahan memang bisa membangkitkan kenangan nostalgia semasa kecil.

Adanya perasaan nyaman yang ditimbulkan membuat makanan rumahan dikategorikan ke dalam comfort food. Ya, comfort food memiliki arti makanan yang diolah secara tradisional dengan mengikuti resep rumahan sebagai acuannya. Comfort food juga kerap dijadikan sebagai menu andalan oleh beberapa restoran, tak terkecuali oleh FEAST by Kokiku. Kokiku merupakan YouTube channel masak yang kerap menayangkan demo masak oleh chef kenamaan Tanah Air. Berbagai hidangan telah dikreasikan oleh channel masak milik Nadia Hudyana ini.

Tak ingin bisnisnya berhenti sampai di situ, Nadia melebarkan sayapnya dengan membuka restoran FEAST by Kokiku yang ia dirikan bersama rekannya chef Ray Jansan. Menurutnya, restoran ini menjadi terobosan dirinya dalam memberikan pengalaman berbeda kepada para penonton setia Kokiku Tv. Restoran yang terletak di Jalan Gunawarman No.37, Jakarta Selatan, ini menyajikan Asian comfort food yang diolah berdasarkan resep rumahan. “Kebanyakan makanan yang ada diolah berdasarkan resep keluarga. Tujuannya agar cita rasa makanannya closer to home,” papar Ray Jansan selaku head chef sekaligus owner FEAST by Kokiku.

Dilihat dari menunya, hampir semua menu yang disuguhkan merupakan hidangan Nusantara, mulai dari Bebek Betutu asal Bali, Grilled Lempah Mackerel yang berasal dari Bangka, hingga Grilled Eggplant asal Flores. Namun, chef Ray mengatakan, tak menutup kemungkinan bahwa nantinya aneka sajian dari Asia Tenggara akan dihadirkan di restoran tersebut.

“Beberapa makanan yang disuguhkan di sini merupakan comfort food dari daerah masing-masing. Meskipun kebanyakan masakan Indonesia, tapi kita sajikan lebih mewah sedikit, nantinya pun kita akan introduce flavor dari South East Asia lainnya” ujarnya.

Mengingat beberapa makanan dibuat dari resep keluarga, cita rasanya pun disesuaikan dengan rasa asli daerah masing-masing masakan di Indonesia. Salah satunya, Fritters yang merupakan perkedel jagung renyah asal Manado yang disajikan dengan sambal bawang yang lezat. Lalu, ada Grilled Eggplant yang berasal dari Flores. Hidangan satu ini memiliki cita rasa rempah yang cukup kuat dengan sedikit rasa pedas yang tercecap. Rasa rempah berasal dari saus kenari yang melumuri terung bakar. Dijadikan sebagai bahan utama saus, kacang kenari tak dihaluskan secara merata, melainkan tekstur aslinya masih dibiarkan terasa begitu saja.

Masakan Nusantara lainnya yang disuguhkan adalah Bebek Betutu yang disajikan di atas sebuah wadah kayu berukuran besar, lengkap dengan nasi kecombrang yang harum, lawar kelopo dan sambal matah yang gurih pedas. Daging bebeknya sungguh lembut, sehingga mudah dipisahkan dari tulangnya. Brioche Toast disajikan sebagai menu terakhir. Roti selai kaya dengan es krim vanilla dan saus gula melaka memiliki perpaduan rasa yang kaya. Manisnya srikaya yang berpadu dengan es krim vanilla yang creamy tentu menjadi kombinasi rasa yang sempurna sebagai menu makanan penutup.

Sistem food for sharing diterapkan di sini, sehingga semua makanan yang ada disajikan dalam porsi yang cukup besar. Suasana santap semakin terasa berkesan dengan dekorasi ruangan yang dipenuhi oleh tanaman gantung yang menghiasi sudut ruangan. Mengusung konsep botanical garden, kesan teduh nan nyaman begitu terpancar dari restoran FEAST by Kokiku. (maa)